Keindahan Danau Siombak Wisata Alternatif Di Medan

2

Siapa diantara kalian yang suka bermain air? Selain bisa untuk sarana olahraga, wisata air juga acap kali menjadi tujuan liburan keluarga untuk sekedar refresing atau pun untuk kumpul kumpul. Banyak wisata air di Sumatera Utara yang menjadi referensi destinasi liburan yang murah namun menawarkan sensasi yang menyenangkan. Wisata air tersebut banyak yang memang tercipta secara alami dan ada juga yang tercipta karena buatan manusia. Pembuatan wisata air tersebut biasanya didasari untuk meningkatkan pendapatan di sektor pariwisata dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat disekitarnya.

Kali ini kita akan membahas salah satu objek wisata air di Sumatera Utara yang terbentuk karena campur tangan manusia. Nama objek wisata tersebut adalah Danau Siombak. Danau Siombak merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Medan. Letaknya berada di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan, Sumatera Utara. Lokasinya hanya berjarak 18 kilo meter dari kantor pos besar Kota Medan. Buat wisatawan lokal, destinasi wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata liburan keluarga yang cukup diminati.

Source Image: Google Map

Danau Siombak diresmikan semenjak tahun 2006. Danau buatan ini memiliki luas sekitar 40 hektar dan kedalamannya sekitar 12 meter. Dengan luas seperti ini, Danau Siombak bisa dibilang cukup luas untuk ukuran danau buatan manusia. Karena memiliki luas yang cukup, para wisatawan terutama anak anak bebas berlarian kesana kemari. Lokasi Danau Siombak juga cukup nyaman karena dibentuk dekat dengan pepohonan pepohonan hijau sehingga susasanya cukup teduh. Tak heran, para wisatawan banyak yang berteduh dibawah pohon sambil memandang sekaligus untuk bersantai.

Baca JugaCerita Rakyat Tentang Asal Usul Danau Toba

Buat kalian warga Medan yang penat akan hiruk pikuknya suasana perkotaan dan butuh refresing, Danau Siombak bisa menjadi salah satu tujuan liburan keluarga anda. Hal ini karena tempatnya yang terbilang amsih cukup asri, dan jauh dari kata suasana perkotaan. Tak perlu kawatir, di tempat ini tersedia cukup banyak pondok pondok yang bisa disewa untuk berkumpul bersama keluarga.

Source Image: Google Map

Tak hanya itu, ditempat ini juga terdapat café dan resto yang menawarkan berbagai makanan dan minuman untuk dinikmati selama berada di Danau Siombak. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Buat kalian yang ingin membawa makanan sendiri juga diperbolehkan. Buat kalian yang ingin membeli asesories serta kenang kenangan dari Danau Siombak, di sekitaran Danau Siombak banyak penjual yang menjajakan pernak pernik seperti gelang, kalung, anting, pakaian, topi, dan sebagainya.

Buat kalian yang suka memancing, di Danau Siombak juga terdapat kolam untuk pemancing. Ada juga kolam khusus untuk sampan bebek. Jadi bagian Danau Siombak terbagi dua. Yang satu untuk kolam pancing dan bermain sampan bebek dan yang satu merupakan bagian danau utama untuk fasilitas permainan anak dan pondok keluarga. Fasilitas permainan keluarga di Danau Siombak juga cukup beraga, diantara nya adalah permainan outbound, komedi putar, speed boat, sepeda air, perahu air, bumper boat, paddle boat, dan sebagainya.

Selain itu, ditempat ini juga disediakan hiburan musik, sehingga anda dan keluarga bisa bernyanyi di panggung tersebut. Buat kalian yang ingin mengelilingi Danau Siombak, para wisatawan dapat menyewa perahu atau sampan. Cukup membayar 15 ribu rupiah, para wisatawan sudah puas mengelilingi Danau Siombak serta menikmati keindahannya dari atas danau. Buat kalian yang suka tantangan yang memacu adrenali, bisa juga menyewa speed boat dan balapan dengan pengunjung lainnya. Cukup membayar 35 ribu rupiah per orang, kalian sudah bisa mengelilingi Danau Siombak dengan kecepatan ekstra.

Buat pengelola yang bertanggung jawab atas Danau Siombak adalah Mustika Guna. Selain untuk tempat wisata keluarga, Danau Siombak juga dimanfaatkan sebagai resapan air warga Kota Medan, terkhusus warga Marelan dalam mengatasi banjir pada saat musim hujan.

Jika kalian ingin berekreasi ke Danau Siombak, kalian cukup membayar tiker sebesar 2 ribu rupiah per orang. Selain itu, untuk membayar parkir, kalian cukup membayar seribu rupiah untuk sepeda motor dan 2 ribu rupiah untuk mobil pribadi. Harga yang terbilang cukup murah di banding dengan keindahan yang ditawarkan.

Semoga keberadaan Danau Siombak di Kota Medan tetap lestari dan mencari salah satu daya tarik Kota Medan untuk selalu dikunjungin. Semoga kebersihan serta ciri khas dari Danau Siombak dapat dinikmati untuk masa yang akan datang serta semakin ditingkatkan dari segi pengelolaan dan kebersihan dari objek wisata keren yang satu ini.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here