Misteri Danau Linting & Pesona Wisatanya

1

Di Sumatera Utara jika berbicara tentang permandian air panas maka kita akan mengarah ke Sidebuk-debuk Berastagi atau ke Sipoholon di Tarutung. Dua tempat itu merupakan objek wisata yang memang sudah lama di kenal oleh masyarkat luas selain ekonomis, juga membantu untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Tetapi ternyata selain 2 tempat yang sudah famous tersebut, masih terdapat 1 tempat lagi. Yaitu, Danau Linting di kecamatan Sinembah, Kabupaten Deli Serdang. Seperti nama nya Danau Linting tempat ini memang danau dengan air panas, jadi jika kita membayangkan tempat permandian seperti di sidebuk-debuk atau di Sipoholon maka kita salah besar, karena di Danau Linting hanya sebuah danau tanpa pulau di tengah nya sehingga tampak sangat natural dan menantang untuk di nikmati.

Source Image: Google Map

Danau Linting Sangat eksotis dengan pohon beringin mengelilingi danau tersebut, sehingga kesan natural nya sangat dapat, serta beberapa tangga tanah dan batu di dalam danau membuat Danau Linting sangat unik. Jadi jika kita tidak tahu berenang tidak perlu takut karena air yang tenang serta beberapa bagian yang dangkal membuat Danau Linting sangat aman untuk di nikmati,  Semakin ketengah danau kita akan melihat tampak warna yang semakin pekat membuat kita tidak sabar untuk segera sampai ke tengah. Tapi, Eitts tahan dulu, ada larangan dari masyarakat untuk jangan ke tengah danau di karenakan beberapa faktor yaitu;

1. Pusat kedalaman Air yang tidak di ketahui
Danau yang mulai dikenal 2-3 tahun belakangan ini memiliki kedalaman yang tidak pasti, sumber mata air yang berada di tengah danau hingga saat ini sehingga bahaya jika kita tenggelam di tengah tidak tahu di mana kedalamannya

2. Air Panas untuk di nikmati santai bukan berenang ria
Sama seperti kolam air Panas di Sidebuk-debuk dan Sipoholon untuk di nikmati santai bukan berenang berlomba siapa yang paling jauh karena hal itu akan berakibat fatal bagi tubuh kita air panas akan membuat kita mudah lelah karena membakar kalori lebih banyak serta menghabiskan banyak energi membuat kita akan kesulitan kembali ke pinggiran danau tentu ini bukan hal yang baik dan pasti berbahaya.

Source Image: Google Map

Dengan air yang berwarna biru kehijauan dan temperatur  yang hangat, membuat kita yang melihat danau ini ingin segera melompat kedalamnya dan segera menikmati ciptaan Tuhan yang unik ini.

Perjalanan ke Danau linting juga tidak terlalu jauh hanya berjarak sekitar 70 Kilometer dari Medan dan memerlukan waktu sekitar 2,5-3 jam dengan sepeda motor kita sudah sampai di danau indah ini. Tetapi dalam perjalanan kita harus siap sedia mengenai jalan yang kurang bagus karena hanya aspal sederhana, jika kita dari Medan via Deli Tua jalan nya juga masih kurang baik, jadi harapannya jalan ini akan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.  Soal harga tenang saja, untuk masuk ke Danau Linting hanya membayar sebesar Rp.5000,- per orang (sudah termasuk Parkir Sepeda Motor). Di Danau linting juga tedapat pondok untuk disewakan dengan harga Rp.25.000,-. Jika terlalu mahal kita dapat menyewa tikar dengan harga bervariasi mulai dari Rp.10.000,- sampai Rp.20.000,-. Di Danau Linting juga kita tidak usah telalu takut kelaparan habis mandi di Danau Linting karena di Danau Linting banyak juga orang yang menjajakan makanan dengan harga murah meriah.

Source Image: Google Map

Misteri Danau Linting
Misteri adalah jadi bagian terpenting dari banyaknya situs wisata di Indonesia, begitu juga dengan Danau Linting, memilik misterinya sendiri. Terkhusus asal muasal danau ini tidak ada yang tahu pasti karena danau ini jika kita perhatikan jauh dari gunung Api Sinabung maupun Sibayak sehingga masih menjadi hal yang membingungkan sumber air panas nya dengan aroma belerang bersumber dari mana? Apakah berasal dari Sinabung atau Sibayak? Atau ada satu Gunung Aktif yang baru di Kabupaten Deli Serdang?.

Spot Foto
Bagi yang ingin menikah tetapi bingung untuk spot foto prawedding yang bagus? Danau Linting tempat  yang tepat dengan beberapa wahana sederhana namun sangat unik seperti ayunan dan jungkat-jungkit yang membuat kita tidak tahan untuk segera mengambil kamera untuk menjadi kenang-kenangan di Danau Linting.

Jadi jika kawan-kawan ingin mencoba menikmati permandian air panas yang alami dengan harga yang murah maka Danau Linting tidak salah berada pada posisi atas.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here