Cara Menuju Pemandian Air Soda Tarutung Tapanuli Utara

0

Keajaiban alam Indonesia memang banyak. Di Tarutung, Anda bisa coba berendam di dalam kolam pemandian yang berisi air soda. Seperti apa rasanya? Tapi jika Anda hendak berkunjung ke Sumatera Utara, jangan lupa untuk mampir tempat wisata Pemandian Air Soda di Desa Parbubu, Tarutung, Tapanuli Utara.

Serius. Kalau Anda ingin mencoba untuk bisa berendam di air soda ini, tentunya Anda harus tahu dulu dong cara menuju tempat ini bukan?! Nah, disini kami coba menjabarkan bagaimana cara menuju tempat ini.

Baca Juga: Sejarah Pemandian Air Soda Menjadi Tempat Wisata di Tapanuli Utara

Peta Menuju Pemandian Air Soda Tarutung

* Dari Medan. Untuk keberangkatan melalui kota Medan dapat menempuh 2 jalur, yakni jalur Pematang Siantar dan jalur Berastagi. Jalur Medan – Pematangsiantar ke Air Soda Tarutung ditempuh dengan jalur darat dengan waktu lebih kurang 7 jam. Jalur ini Anda akan melewati Lubuk Pakam, Sei Rampah, Tebing Tinggi, Serbelawan, Pematangsiantar, Parapat, Balige, Siborong-borong, hingga Tarutung.

Sedangkan jalur Medan – Berastagi ke Air Soda Tarutung ditempuh dengan jalur darat hampir 8 jam. Dan ini daerah yang akan temui sepanjang jalan, Medan, Berastagi, Kabanjahe, Sidikalang, Dolok Sanggul, Siborong-borong hingga kota Tarutung.

* Dari Sibolga. Jarak yang ditempuh lebih kurang 62 kilometer atau lama diperjalanan lebih kurang 2 jam dengan jalan penuh kelok hampir disepanjang jalan.

* Dari Padang Sidempuan. Dapat ditempuh melalui jalur darat sejauh 104 kilometer dengan melawati Padang Sidempuan, Sipirok, Onanhasang, Tarutung. Ataupun dapat melewati jalur Padang Sidempuan – Halangan – Sibolga – Taratung dengan jarak tempuh lebih kurang 150 kilometer dengan durasi lama perjalanan lebih kurang 5 jam.

Setibanya Anda di kota Tarutung, untuk menuju Pemandian Air Soda Tarutung hanya ada satu tanda atau petunjuk jalan yang dapat Anda ingat yakni Tugu Kacang tepatnya di pertigaan Jalan Sibolga – Jalan Putri Lopian. Dari tugu kacang menuju air soda hanya berjarak lebih kurang 2 kilometer saja atau jarak tempuh 6 menit saja.

Selama perjalanan dari Simpang Tugu Kacang, Anda akan melalui jalan Putri Lopian kemudian lurus terus saat di pertigaan jalan Sutan Sumurung terus saja dan ikut jalan beraspal sampai menuju desa Parbubu I.

Setibanya Anda di lokasi pemandian Air Soda Parbubu Anda dapat memarkirkan kenderaan disekitar lokasi dengan menyiapkan uang parkir Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tidak perlu mengeluar uang untuk berendam/ beredang di kolam ini, cukup pesan makanan atau minuman yang ada di kantin saat anda memasuki lokasi kolam.

Peringatan untuk Anda yang membawa anak-anak, hendaknya tetap memberi pengawasan yang maksimal agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Yang kedua adalah sebaiknya Anda atau anak-anak tidak menyeburkan bagian wajah/ kepala langsung ke dalam kolam air soda terbut. Sebab air soda tersebut dapat membuat bagian mata dan hidung Anda terasa perih.

Tahukah Anda, mata air soda di kota Tarutung, kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara merupakan salah satu keajaiban di Dunia? Mata air soda ini hanya ada di dua tempat di dunia, di Venezuela dan di Tarutung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here