Ucapan Selamat Pagi (Belajar Bahasa Batak)

0

Pagi hari adalah awal dimana Kita hendak memulai kegiatan tentu biar semangat selalulah ucapkan selamat pagi. Agar ucapan selamat pagi bisa terkesan beda Anda dapat mengucapkannya dalam bahasa Batak.

Ucapan selamat pagi dalam bahasa batak kita kali ini di sesi Belajar Bahasa Batak akan kami jabarkan dalam bahasa batak toba. Agar gampang kata yang digunakan dalam bahasa batak untuk kata “selamat” adalah kata “HORAS”

Baca juga: Arti Kata Horas

Sementara untuk pengertian kata “Pagi” dalam terjemahan bahasa batak adalah “Sogot” atau “Manogot”. Berikut ini adalah beberapa contoh percakapan “Ucapan Selamat Pagi” dalam bahasa batak:

*****
Inong: Horas manogot ma boru, boha renges do ho boru na modom i?
(Ibu: Selamat pagi nak, bagaimana tidurmu apakah nyenyak?)

*****
Inong: Dungo ma ho Ucok, nunga tiur be ari.
(Ibu: Bangunlah kau Ucok, matahari sudah mulai bersinar)

Ucok: Horas Manogot Inong, nunga dungo be au
(Ucok: Selamat pagi ibu, aku sudah bangun kok.)

*****
Horas manogot ma di hita ganupan, mauliate ma di haroro muna tu ingananon on.
(Selamat pagi hadirin sekalian, terima kasih sudah hadir di tempat ini.)

*****
Horas manogot hasian, nunga hupatupa aek na las paridianmu dohot sipanganon indahan saok asa gira laho mangula da hasian. Umma. Dungo ma ho hasian.
(Selamat pagi sayang, sudah kubuatkan air panas untuk mandian dan menu sarapan nasi goreng buat mu sayang, agar tidak telat kau berangkat kerja. Cium. Ayo bangunlah sayang)

Nah buat contoh percakapan yang terakhir ini cocoknya untuk 18 tahun ke atas yah hehehe. Seperti itulah perhatian seorang istri tercinta kepada seorang suami, dimana istri sudah bangun terebih dahulu menyiapkan segala sesuatunya terkhusus buat suami yang setiap hari berangkat kerja.

Kamus Bahasa Batak diatas:
Horas Sogot/ Manogot = Selamat Pagi
Nunga dungo = sudah bangun
dungo = bangun
hita ganup(an) = kita sekalian
hita = kita
indahan = nasi
indahan saok = nasi goreng
paridian = mandian/ air mandian
ro = datang
haroro = kedatangan
laho mangula = berangkat kerja
mangula = bekerja
gira/ hatop = cepat
renges = nyenyak
inganan = tempat (gedung atau rumah atau halaman)

Demikian tips singkat untuk topik belajar bahasa Batak (Toba) dengan topik “Ucapan Selamat Pagi“. Tutorial belajar Bahasa Batak (Toba) ini dibuat semata-mata untuk mengingatkan kembali bahasa daerah (bahasa batak toba) agar dapat dipelajari bagi Anda yang ingin mempelajari Bahasa Batak (Toba).

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lengkap selain materi diatas, silahkan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar. Kami akan berusaha menyampaikan jawaban kami dalam waktu dekat pada tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here