Menakjubkan Begini Peson Air Terjun Sipiso-Piso

0

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara. Tepatnya itu berada di Kabupaten Karo, yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging di wilayah kecamatan Merek. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian smencapai 120 meter dan dikelilingi oleh hutan pinus.

Foto Google Map

Terlihat air terjun berjatuhan secara vertikal. Anda bisa menikmati keindahan air terjun Sipiso-piso dan Danau Toba dari kejauhan pada waktu yang sama.

Baca jugaAir Terjun Sigura-Gura Ternyata Paling Kren Di Wisata Sumatera Utara

Peta menuju air terjun Sipiso-Piso

Untuk menuju tempat wisata air terjun Sipiso-Piso Anda tidak perlu kuatir, disini kami akan jelas 3 (tiga) jalur yang sering digunakan ke tempat ini yakni dari Medan, Pematang Siantar dan daerah Tapanuli Utara.

Foto: Google Map

Untuk daerah Medan, baik dari daerah Langkat, Binjai, juga daerah Bandara Udara Internasional Kuala Namu, jarak tempuh yang paling dekat adalah melalui Berastagi-Kabanjahe. Butuh lebih kurang 3 jam 40 menit atau sekitar 110 kilometer dengan mengunakan kendaraan mobil.

Sementara jika Anda dari daerah Simalungun, Lubuk Pakam, Tebing Tinggi dan sekitarnya Anda memerlukan waktu lebih kurang 2 jam dengan jarak tempuh 80 kilomoter dari titik daerah Pematang Siantar.

Dan daerah sekitar Tapanuli Utara, Tarutung, Siborong-borong sekitarnya, khusunya bagi Anda yang baru saja tiba di Bandara Silangit waktu tempuh yang Anda butuhkan sekitar 4 jam berkenderaan yang berjarak lebih kurang 150 kilometer dari Siborong-borong via Sidikalang.

Semua jalur peta menuju Air Terjun Sipiso-Piso dapat dilalui oleh kenderaan jalur darat dengan udara sejuk ditambah suguhan pemandangan pepohonan dan hamparan sawah di sepanjang jalan.

Untuk mencapai dasar air terjun, Anda harus memiliki stamina yang fit. Perjalanan ke dasar air terjun lebih cepat dari pada naik kembali ke atas. Anda akan melewati beratus-ratus anak tangga untuk mencapai ke dasar air terjun. Selain itu, jalanan curam dan berkelok-kelok.

Tapi jangan khawatir, setelah mencapai dasar air terjun, rasa lelah akan diganti dengan rasa ketakjuban akan keajaiban alam yang terdapat ditempat ini. Dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan pelangi abadi yang terbentuk di dasar air terjun.

Dalam bahasa Batak, Sipiso-piso berarti pisau karena tinggi dan derasnya air terjun yang mengalirkan air seperti bilah pisau tajam.

Setelah membayar retribusi parkir sekitar Rp5.000 untuk kendaraan roda 2 serta Rp. 10.000 untuk roda empat, pengunjung harus menuruni ribuan anak tangga sekitar 1 jam untuk menuju air terjun Sipiso-piso. Sepanjang perjalanan, wisatawan dapat menikmati indahnya Danau Toba dari sisi Tongging.

Foto: Google Map

Fasilitas untuk Wisatawan

Fasilitas dan sarana untuk wisatawan di Air Terjun Sipiso-piso cukup memadai. Lahan parkir luas dan parkir di bawah dekat Gardu Pandang lebih disarankan tidak terlalu jauh dari gazebo dan toko souvenir.

Jika Anda masih punya banyak waktu, Anda dapat mengintari wisata alam di sekitaran Danau Toba. Selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here