Air Terjun Sigura-Gura Ternyata Paling Kren Di Wisata Sumatera Utara

0

Air Terjun Sigura-gura termasuk ikon paling populer disektor tempat wisata alam di Sumatera Utara. Letaknya di daerah Kabupaten Toba Samosir. Air Terjun Sigura-Gura ini juga mendapat predikat yang sangat mengagumkan yakni Air Terjun paling tinggi di Indonesia dimana ketinggiannya mencapai 250 meter. Air terjun tertingggi di Indonesia setelah Air Terjun Madakaripura dengan ketinggian 200 meter dan Air terjun Payukumbuh dengan ketinggian 150 meter. Kren ya.

Sudah dapat dibayangkan Air Terjun Sigura-Gura dengan ketinggian 250 meter memiliki sensasi sejuknya tempat ini, bukan?! Ya itu sudah pasti, ditambah rasa takjub membuat pikiran bisa lebih fresh. Lokasi Air Terjun Sigura-Gura juga memiliki letak yang cukup mengangumkan untuk dikunjungi lagi pula lokasinya tidak begitu jauh dari kawasan Danau Toba. Selain menjadi tempat wisata alam di Kawasan Danau Toba, Air Terjun Sigura-Gura juga di fungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan bendungan raksasa menuju aliran sungai Asahan.

Arung Jeram Sungai Binge – Source Image: Google Maps

Jika diperhatikan dari kejauhan Air Terjun Sigura-Gura ini terlihat sangat besar bahkan suara deruan airnya sangat terdengar dengan jelas. Debit air yang di hasilkan Air Terjun Sigura-Gura terbilang cukup besar. Sehingga arus aliran sungai yang berasal dari air terjun ini kerap sekali dijadikan tempat wisata air atau olahraga air.

Baca Juga: Ini Tempat Wisata di Binjai Yang Lagi Booming

Sungai Asahan merupakan lokasi olahraga yang sangat populer di kalangan pencinta olahraga arum jeram dan kayak. Karena sungai yang memiliki hulu di Danau Toba ini diklaim sebagai sungai arum jeram terbaik nomor 3 di dunia , setingkat di bawah Sungai Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado yang ada di Amerika Serikat.

Jika Anda menuju lokasi Air Terjun Sigura-Gura, selama perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan hijau dari pepohonan yang mengeliling Air Terjun Sigura-Gura dan yang pasti Anda akan merasakan udahara yang sangat sejuk. Letaknya yang berada di jajaran pengunungan Bukit Barisan membuat kawasan Air Terjun Sigura-Gura sangat fenomenal, indah dan menakjubkan. Kontur alamnya yang memiliki pebukitan lembah dikawasan hutan nan hijau.

Wisatawan luar maupun dalam negeri banyak memanfaatkan hari liburnya untuk mengunjungi tempat eksostis ini dengan mengabadikan foto-foto pemandangan sekitar Air Terjun Sigura-Gura. Namun banyak juga wisatawan mencoba olahraga air yakni arung jeram di aliran-aliran sungai disekitar air terjun. Khususnya wisatawan yang datang lokasi Air Terjun Sigura-Gura perlu memperhatikan himbauan maupun larang saat menuju lokasi ini. Disamping jalur jalan menuju air terjun tersebut sangat licin dan terjal, jadi Anda ekstra hati-hati.

Selain menghabiskan masa liburan di sekitar Air Terjun Sigura-Gura dengan mengabadikan background air terjun serta alamnya yang sejuk, kagiatan seru lainnnya yang dapat dilakukan di kawasan ini adalah berkemah. Tentu sensi menikmati deru air terjun semakin lama Anda nikmati apalagi berkemahnya bersama keluarga dan teman-teman dekat Anda. Tentunya sudah kewajiban bagi Anda yang hendak merencanakan berkemah di lokasi kawasan air terjun ini mesti memperhatikan kebersihan tempat wisata ini, intinya setiap wisatawan yang berkunjung wajib menjaga kebersihan. Dengan tetap menjaga kebersihan tidak membuang sampah sembarangan membuat tempat ini tetap bersih, asrih dan nyaman.

Baca Juga: Seru Wisata Air Terjun Taman Eden 100 Sambil Piknik

Yang membuat tempat ini menjadi kren, selain Air Terjun Sigura-Gura mendapat predikat air terjun tertinggi di Indonesia lebih kurang 20 kilometer jarak ke hulu sungai Asahan terdapat sebuah Bendungan Sigura-Gura adalah bendungan terbesar kedua di Indonesia setelah Bendungan Sutami, Malang. Air Bendungan Sigura-Gura ini dimanfaatkan menjadi sumber enegeri PembangkitListrik Tenaga Air (PLTA) juga menjadi sumber irigasi lahan2 pertanian penduduk setempat.

Sejarahnya PLTA Sigura-Gura ini dibangun pada 9 Juni 1978 dan diresmikan Presiden Soeharto. Kemudian, PLTA yang pembangunannya makan waktu 5 tahun, beroperasi pada 7 Juni 1983.

Bagi Anda yang berencana ke lokasi witasa Air Terjun Sigura-Gura, tepatnya ke Kabupaten Toba Samosir lebih kurang 249 kilometer dari pusat kota Medan. Jika Anda melakukan perjalan langsung dari Bandara Internasional Silangit butuh waktu lebih kurang 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda 4. Kedua jalur diatas selama perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan Danau Toba yang indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here