RE Nainggolan Resmi Terima Gelar Dari Pusat Pelatihan Opera Batak (PLOt)

0

Dr. RE Nainggolan, MM telah resmi menerima gelar dari Pusat Pelatihan Opera Batak (PLOt) Sabtu, 03 Maret 2012 lalu. Gelar yang disandang adalah OMPU PANDE PANGGOMGOMI TUAN PANIROI NAMANGUNGHAL OPERA BATAK atau sebutan dalam bahasa Indonesia adalah Empu Pande Pengayom Tuan Penasehat yang Menggali Opera Batak.

Meski acara yang laksanakan oleh PLOt di sekretariatnya di Jl. Kabanjahe No 21 BLK diguyur hujan, kegiatan tetap berlangsung. Kegiatan dimulai dari sambutan serta atraksi tarian ritual oleh Thomson HS ketua Pusat Pelatihan Opera Batak (PLOt).

Video penyerahakan gelar dan penyematan tag nama oleh PLOt:

RE Nainggolan pernah berperan menyambut serta memfasilitasi Program Revitalisasi Opera Batak pada tahun 2002 semasa menjabat bupati di Tapanuli Utara. Dan berlanjut pada tahun 2005 tetap RE Nainggolan mendukung PLOt meneruskan Revitalisasi Opera Batak.

Saya masih ingat dulu waktu masih kecil, paling susah dan jarang bisa untuk nonton kalau ada pangelaran Opera Batak di kampung. Saya pernah iri kepada seorang anak camat yang duduk paling depan, sementara saya harus manjat-manjat dari pagar agar dapat menonton Opera Batak, tutur RE Nainggolan dalam kata sambutannya.

Kata Sambutan RE Nainggolan:

Tidak ketinggalan penampilan dua orang Maestro Opera Batak Zulkaidah boru Harahap dan Alister Nainggolan serta Erlina boru Silaban. Antraksi tari Tortor Lima Puak juga dibawakan dengan menggunakan pakaian adat lengkap, simak video berikut ini:

Turut hadir cicit Sisingamangaraja XII, Raja Tonggo Tua Sinambela yang merupakan Ketua Forum Sisingamangaraja.

Pada kesempatan yang sama di akhir acara PLOt juga menyerukan untuk turut menghadiri acara Pentas Keliling Opera Batak yang bertajuk “Mencari Si Jonaha“. Pentas keliling Opera Batak yang juga di prakarsai oleh PLOt akan sehnggah di 7 kota di Indonesia dan kota Pematang Siantar adalah kota pertamanya.

Akan dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2012 di Aula FKIP Universitas HKBP Nomensen Siantar pukul 15.00 wib (untuk pelajar) serta pukul 19.30 wib dibuka untuk umum. Lalu kota berikutnya adalah Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Jogyakarta, Solo dan Surabaya.

Kini pemesanan ticket dapat menghubungi team gobatak melalui contact berikut ini:
email: parhobas@gobatak.com
Telp. 0622-24087
HP. 0819 270 20566

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.