Balige – Makam Sisingamangaraja XII

1
1660

Visit Huta – Balige Soposorung, terdapat makam Raja Sisingamangara XII dengan kedua anaknya yakni, Patuan Nagari dan Patuan Anggi yang gugur melawan penjajah Belanda tewas berjuang di Bakara yang kemudian di pindahkan ke Soposurung Balige. Menurut sejarah bahwa rahasia kesaktian Sisingamangaraja XII adalah darah. Ia akan kehilangan kesaktiannya apalagi terkena darah.

Maka Belanda kemudian menembak putri kesayangan Sisingamangaraja XII yang sangat cantik yang bernama Lopian.
Melihat putri kesayangannya tertembak dan mengalirkan darah, Sisingamangaraja XII pun memeluknya dan tidak menyadari darah yang mengenai dirinya. Pada saat itulah pasukan Belanda menembak mati Sisingamangaraja XII. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 17 Juni 1907 di Pearaja, Dairi.

Dalam perjalan Visit Huta 2010 kali ini team dan Ferry Sitompul menyempatkan untuk singgah sebentar meliput keadaan makam tersebut. Pada tanggal 2 Desember 2005, Presiden beserta istri pernah berziarah ke makam ini. Makam yang dilengkapi batu nisan bertulis “Makam Raja Sisingamangaraja XII, gugur pada 17 Juni 1907 di Dairi” itu dibangun kembali pada 17 Juni 1953 oleh pemerintah RI, bersama keluarga dan masyarakat. (ps)

Video:

1 COMMENT

Comments are closed.