Home Breaking News Melirik Vatikan Kota Yang Unik

Melirik Vatikan Kota Yang Unik

1 3,821 views

Jika anda mempunyai kesempatan untuk melawat  kota Roma, Italia  jangan lupa untuk mampir ke kotaVatikan city. Yang letak nya kurang lebih dari  sekitar 45 menit berjalan kaki dari jantung pusat kota Roma. Sembari menyelusuri kota Roma yang klasik dan elegan yang dipenuhi oleh bangunan arsitektur pre-Romawi kuno hingga moderen Roma.

Memulai dari  sentral koloseum disini anda dapat menikmati bangunan bersejarah koloseum yang dibangun oleh Kaisar Vespasian pada tahun 72 sebelum masehi (AD 72) dan selesai pada tahun 80 sebelum masehi (80AD) oleh Kaisar Titus. Koloseum ini adalah  gedung theatre yang terbesar didunia yang pernah dibangun pada zaman Romawi kuno.

Berfungsi sebagai tempat bermacam atraksi hiburan masyarakat pada waktu itu seperti pertarungan antara Gladiator dan Singa buas. Kemudian perjalanan diteruskan melalui Fori Imperial dari sini anda akan melewati Fontana Di Trevi dimana terdapat ‘kolam keberuntungan’. Menurut legenda nya jika anda menginginkan sesuatu sambil melemparkan beberapa kepingan uang logam ke kolam tersebut maka keinginan anda akan terkabulkan di kemudian hari.

Setelah puas menikmati keindahan air mancur Fontana di Trevi sambil menikmati es krimnya yang lezat itu, dimana sekitar tempat ini banyak terdapat pedagang es krim. Es krim Italia sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat itu, cocok sebagai pelepas dahaga. Apalagi di musim panas suhu udara di Italia dapat melebihi panasnya suhu udara di Indonesia. Setelah itu anda dapat melanjutkan perjalanan langsung menuju kota Vatikan city .

Kota unik ini hanya dibatasi oleh sungai Tiber yang mengalir bening membelah kedua kota tersebut hingga ke lautan Mediterania. Setelah melewati jembatan yang menghubungkan kedua kota tersebut, Roma dan Vatikan maka anda sudah dengan resmi berada di wilayah Negara berdaulat penuh Vatikan city. Jangan khawatir anda tidak perlu membutuhkan paspor  sebagai identitas untuk memasuki daerah ini. Di situ akan terlihat jelas pelangkat yang menyatakan selamat datang dikota suci Vatikan city. Vatikan selain kota terkecil didunia juga adalah negara terkecil yang berdaulat penuh dengan luas lebih kurang 44 hektar, dengan penduduk lebih kurang 80 ribu jiwa.

Kota ini sebelumnya dibawah naungan Republik Itali yang diberikan kemerdekaan penuh dimasa kekuasaan Perdana Menteri Mussolini kepada Paus Pius ke IX tahun 1929.(sources Vatican encyclopedia). Vatikan juga sebagai pusat dan kota suci umat katolik di seluruh dunia, dengan pemimpinnya yang bergelar Paus. Mereka mempunya tentara sendiri dengan berpakaian yang unik dari abad ke XVII.

Memasuki kota Vatikan city anda akan melihat gedung megah  Katredal Saint Peter Basilica yang terbesar  didunia didirikan pada abad ke XVI oleh Bishop kota Roma.  Walau dasar fondasi bangunan tersebut jauh didirikan sebelum abad ke XVI. Di dalam  Katedral tersebut penuh di hiasi dengan lukisan-lukisan megah dan ukiran-ukiran emas karya maestro ternama Italy seperti; Michael Angello, Maderno, Giorgio Vasari dan lain-lain yang banyak  menggambarkan tentang kehidupan Tuhan Yesus.  Juga banyak terdapat patung-patung suci orang Kristen yang terbuat dari batu pualam begitu megahnya. Di dalam bangunan tersebut juga terdapat tambak atau tugu tempat penguburan para Paus pendahulunya. Juga terdapat tambak yang paling suci adalah tugu Saint Peter atau lebih dikenal oleh masyarakat Batak Kristen, Simon Petrus salah satu dari ke 12 murid Tuhan Yesus yang dibunuh oleh Kaisar Nero pada tahun 64(AD 64)dan disemayamkan di Katedral tersebut.

Kota Vatikan sejak mulai lahirnya agama Kristen sudah terkenal sebagai tempat suci umat Kristen dan banyak pengunjung dari seluruh dunia datang berkunjung dan berdoa di kota ini. Dari  pusat St Peter’s Square, tepat diatas balkoni yang memandang keseluruh penjuru kota Vatikan Paus  setiap tahun nya mengucapkan pidato resmi dan ucapan hari paskah buat seluruh umat Kristiani dimanapun berada. Yang banyak dihadiri oleh ribuan pengunjung umat Katolik dari seluruh penjuru dunia.

Selamat Hari Paskah ma di hita sude halak hita manangna didia pe maringanan Horas, horas, horas…

Kaos Polos Murah Siantar

1 COMMENT

Leave a Reply