Mangokal Holi Ritual Adat Batak (Full Video)

3
Mangokal Holi

Video Mangokal Holi Ritual Adat Batak. Bagi suku Batak khusunya Batak Toba, proses adat Batak tidak akan pernah berhenti dan tetap dijalankan bahkan seseorang sudah meninggal. Salah satunya dengan melaksanakan ritual mangokal holi atau memindahkan tulang belulang leluhur untuk dikumpulkan di satu tempat baru.

Masyarakat Batak Toba percaya bahwa kematian bukan akhir perjalanan hidup, namun justru tahap untuk mencapai kesempurnaan. Lewat rangkaian mangokal holi ini maka akan tercapai hasangapon, atau kemuliaan sebuah marga atau keturunan. Jika di Bonapasogit banyak terdapat makam atau kuburan megah, biasa disebut Tugu dimana ditempat inilah dikumpulkan keluarga yang sudah meninggal.

Tradisi adat Batak Toba, mangokal holi atau menggali dan memindahkan tulang belulang leluhur, adalah salah satu wujud untuk menghormati para leluhur. Dengan mangokal holi, orang Batak Toba berharap mendapat limpahan berkat, berupa banyak keturunan, panjang umur, dan kekayaan.

Tugu yang sudah siapkan, atau dikenal dengan istilah Tambak, siap diisi oleh tulang belulang para leluhur. Seperti yang dilakukan keluarga besar Pakpahan beberapa waktu lalu di Pematang Siantar. Disebuah pemakaman umum (kuburan baru) 28 September 2011 lalu, dilaksanakan prosesi mangokal holi MS Pakpahan (Oppung Muller Doli) – Oppung Doli Jimmy Pakpahan. Diperkirakan usia makam hampir berumur 33 tahun lamanya.

Proses mangokal holi atau menggali tulang belulang leluhur diawali acara kebaktian singkat dari gereja yang dipimpin oleh Pendeta. Lalu, proses dilanjutkan dengan perwakilan dari keturunan keluarga besar Pakpahan yang mengikuti acara tersebut dari anak laki-laki, anak perempuan (boru) lalu dari pihak hula-hula dan seterusnya dilanjutkan oleh penggali kuburan. Setelah kerangka dari leluhur terlihat, dilanjutkan pengangkatan tulang belulang oleh pihak boru yang di tampin (ditampung) oleh pihak tulang leluhur. Kemudian dipindahkan kedalam kotak/ peti kecil kemudian dipindahkan ke tugu keluarga besar di huta Pangaribuan Tapanuli Utara. Biasanya tulang belulang yang sudah diangkat dari tanah, lalu dititipkan di gereja sebelum dibawa ke tempat Tambak atau Tugu di Bonapasogit.

Dengan menyaksikan video Mangokal Holi berikut ini, secara detail bagaimana proses diatas berlangsung:

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.