Kompas TV Liput Budaya Batak Mangokal Holi Di Siantar

1

Pematangsiantar – Budaya “Mangokal Holi” adalah upacara mengangkat tulang-belulang orang yang telah meninggal dari kuburnya, dicuci bersih kemudian dimasukkan kedalam kotak atau peti dan dikubur kembali dan dibangun sebuah tugu peringatan.

Upacara ini dilakukan untuk menghormati leluhur atau orang tua kita terdahulu sehingga melimpahlah berkat yang akan kita terima. Acara “Mangokal Holi” menjadi salah satu agenda Tim Eksplor Kompas TV menjadi bahan liputan tentang budaya Batak.

Program Explore Indonesia merupakan salah satu acara Kompas TV yang mengexplore tempat-tempat indah dan unik di Indonesia yang sebelumnya belum pernah terexpose atau sudah dikenal namun ditampilkan dengan sesuatu yang baru.

Senin, 26 Maret 2012, Gobatak dihubungi bagian Creative dan Produser Explore Indonesia. Usulan untuk meliput proses “Mangokal Holi” disampaikan kepada Tim Eksplor Indonesia Kompas TV oleh Tim Gobatak yang sebelumnya sudah membagikan informasi melalui email dan komunikasi telephone tentang tempat wisata dan budaya di Sumatera Utara.

Tim Eksplor Indonesia Kompas TV melanjutkan rencana peliputan setelah pada malam 25 Maret 2012 berdiskusi dengan pihak keluarga Silaban di Markas Gobatak, Pematangsiantar. Tentang rencana tersebut mendapat respon baik dari pihak keluarga Silaban.

Lalu, pada Selasa 27 Maret 2012 dilakukan peliputan proses “Mangokal Holi” di lokasi pemakaman umum, Bongbongan Jalan Asahan, Pematangsiantar. Dalam proses peliputan itu, Kamga sang presenter Kompas TV mengikuti proses penggalian tulang-belulang serta mewawancara salah seorang anggota keluarga tentang “Mangokal Holi“.

Dalam proses peliputan tersebut terlihat keseriusan tim Kompas TV mengikuti dari awal acara sampai pada selesai. Terlebih pada saat tulang tengkorak dari leluhur keluarga Silaban diangkat dan di bersihkan. “Saya sangat senang melihat proses menggali tulang belulang leluhur seperti ini, baru kali ini saya saksikan langsung“, tutur Kamga sang Host Kompas TV.

Sampai pada proses peliputan selesai, pada saat itu juga Tim Eksplor Indonesia Kompas TV langsung pamitan melanjutkan kegiatan yang sama di Medan. Banyak ilmu dan saran yang dibagikan oleh Tim Eksplor Indonesia Kompas TV kepada Tim Gobatak selama mendampingi mereka melakukan liputan di kota Pematangsiantar.

Tim Gobatak mengucapkan terima kasih kepada Tim Eksplor Indonesia Kompas TV yang sudah melakukan liputan di Pematang Siantar khususnya mengangkat budaya Batak, “Mangokal Holi” dan sudah mempercayakan Gobatak untuk mendampingi program Kompas TV.

Program dokumenter wisata yang mengekplorasi Indonesia dan menyajikannya dengan sisi-sisi berbeda, EXPLORE INDONESIA setiap Sabtu pkl. 10.00 WIB di Kompas TV Inspirasi Indonesia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.