Wisata Bukit Lawang Wisata Alam Paling Diminati Wisatawan

0

Wisata Bukit Lawang. Bukit Lawang adalah sebuah tempat wisata alam Sumatera Utara paling favorit dikunjungi wisatawan mancanegara yang terletak di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat. Daerah Langkat memiliki sejumlah daerah wisata alam yang menakjubkan. Bukit Lawang terkenal dengan kawasan hutan lindung Taman Gunung Leuser, juga menjadi tempat pengamatan Orang Utan Sumatera.

Baca Juga: Pantai Florida Binjai Wisata Alam Unik Yang Memiliki Air Terjun

Orang Utan Sumatera di Bukit Lawang merupakan salah satu dua spesies Orang Utan di Indonesia dan uniknya hanya ditemukan di pulau Sumatera saja. Wow. daerah ini juga memiliki sungai dengan arus deras dan jernih loh.

Souce Google Mamps

Dikarenakan Taman Nasional Gunung Leuser dikeliling oleh hutan lebat dengan hujan tropisnya menjadi suatu kawasan pelestarian alam di Indonesia, yang juga merupakan bagian dari pengunungan Bukit Barisan yang terbentang luas di Pulau Sumatera. Jadi tidak heran jika tempat ini sangat disukai oleh wisatawan mancanegara, itu makanya Bule banyak berkunjung ke Bukit Lawang.

Bukan hanya sebagai pusat rehabilitasi Orang Utan, hutan di Bukit Lawang juga menjadi tempat konservasi dan pelestarian beberapa jenis flora dan fauna yang dilindungi. Di hutan Bukit Lawang teradapat beberapa hewan yang dilindungi seperti gajah, badak dan harimau. Serta flora yang sangat terkenal ada di hutan ini yakni bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi) berdiameter lebih kurang tiga meter.

Souce Google Mamps

Selain jenis flora dan fauna, di hutan Bukit Lawang terkenal juga dengan wisata Tubing. Terdengar sedikit asing ya, wisata tubing merupakan wisata air yang sedikit menyerupai olahraga arung jeram. Bedanya setiap orang yang ikut wisata tubing hanya menggunakan ban bukan perahu karet. Dengan biaya yang terjangkau Anda yang suka dengan jenis kegiatan olahraga yang memicu adrenalin tentu tidak melewatkan begitu saja wisata tubing ini. Arus sungai Bahorok yang memiliki arus sungai yang cukup deras yang hanya cocok dengan kegiatan tubing untuk mengarungi aliran sungai ini.

Di Bukit Lawang terdapat sebuah gua yang berisikan ratusan hingga ribuan kelelawar, Gua Kelelawar juga tempat yang dapat memicu adrenalin. Di dalam gua kelelawar ini asli gelap gulita, tak ada sedikitpun cahaya jika Anda sudah berada dalam gua ini. Jadi sangat disarankan agar membawa alat penerangan saat masuk kedalam Gua Kelelawar. Sensasi yang Anda dapatkan dalam gua ini adalah suara kelelawar yang memekik isi gua, serta suara tetesan air dari sungai Bahorok, dan satu lagi yakni bau khas kelelawar.

Cara menuju lokasi :

Untuk menuju lokasi Bukit Lawang Anda dapat menggunakan kenderaan umum ataupun kenderaan pribadi, apabila langsung dari bandara Kualanamu ataupun dari tempat penginapan di Medan Anda harus memulai titik perjalanan melalui terminal bus Pinang Baris. Jika menggunakan kenderaan umum perkiraan ongkos lima puluh ribu rupiah dengan tujuan Pinang Baris – Bukit Lawang.

Perkiraan lama diperjalanan lebih kurang 3 jam dengan jarak tempuh 86 kilomoter dengan melewati Kota Binjai. Selama perjalanan Anda akan melewati 7 jembatan besi, serta beberapa titik terdapat jalan berlobang dengan tetap waspada selama diperjalanan sebab beberapa ternak warga berada di jalanan.

Setibanya di gapura sebuah perusahaan yakni PT Langkat Nusantara Kepong dipersimpangan jalan teruslah menuju Rindu Alam Hotel di Bukit lawang, disana akan ada lokasi parkir yang sudah disediakan dengan biaya parkir sepuluh ribu rupiah setiap kenderaan. Dari sana Anda akan mendekarkan deru suara air sungai serta deretan warung yang menjajahkan suvenir dan keperluan Anda selama mengekplor kawasan wisata Bukit Lawang.

Selama berlibur di Wisata Bukit Lawang tetap jaga kebersihan yah, dan selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here