Sensasi Arung Jeram Sungai Bingei

0
Source Image: Google Map

Bermain dengan lingkungan alam memang sangat menyenangkan, asal kita tahu batasannya. Berbagai macam hal menarik telah Tuhan ciptaan kepada kita melalui alam alam indah buah tangan karyaNya. Terutama dengan manusia manusia yang memiliki jika cinta akan alam yang sangat tinggi, tentu saja menjelajahi alam merupakan hal yang paling sulit untuk dilupakan baginya. Banyak hal hal menyenangkan yang dapat kita lakukan di alam, mulai dari kegiatan santai seperti kemah, rekreasi, api unggun, camping sampai kegiatan kegiatan yang menantang seperti menjelajahi hutan, arung jeram, panjat tebing, dan sebagainya.

Kali ini kita akan membahas salah satu wisata alam yang sedang banyak diminati oleh masyarakat yaitu arung jeram. Kegiatan yang termasuk kedalam olahraga ini merupakan kegiatan mengarungi dan melewati arus sungai yang deras dengan menaikin perahu karet. Kegiatan ini biasa dilakukan perorangan maupun lebih dari satu orang. Di Kota Binjai, ada salah satu tempat yang menawarkan kegiatan ini. Nama tempatnya adalah Sungai Bingei. Kegiatan arung jeram atau yang biasa disebut dengan rafting ini memang sangat cocok di lalukan di tempat ini.

Source Image: Google Map

Sungai Bingei yang menjadi objek wisata rafting ini berada di Kota Binjai, kota yang masih bertetangga dengan Kota Medan. Jika dari Kota Medan, kalian akan menempuh perjalanan sepanjang 40 km dan memakan waktu sekitar 1 jam. Sedangkan dari Kota Binjai sendiri kalian akan menempuh jarak 20 km dengan memakan waktu perjalanan 30 menit.

Melakukan kegiatan arung jeram di Sungai Bingei bisa dibilang masih cukup aman. Buat para pemula hingga kelas menengah keatas, di tempat ini sangat cocok untuk mengasah kemampuan kalian. Hal ini karena aliran arus di Sungai Bingei tidak terlalu besar. Untuak tingkat kesulitannnya sendiri berada di angka 2 sampai angka 3 sehingga aman untuk diikutin oleh anak mulai dari umur 7 tahun, tentu saja dengan pengawalan pemandu yang pengalaman. Selain itu, air sungainya masih sangat jernih karena berasal dari Gunung Sibayak. Jeram jeram yang ditawarkan juga cukup banyak dan bervariasi. Kedalaman di Sungai Bingei juga beragam, ada yang dangkal sampai yang dalam. Tak heran, air sungai yang masih jernih menggoda para wisatawan untuk berenang dan lompat kedalam sungai ini. Dengan kemiringan 45 derajat dan ketinggian dari titik tumpu ke dalam air setinggi 9 meter memancing adrenalin dan nyali kita dipacu. Disarankan untuk kalian yang bisa berenang yang mencoba kegiatan melompat ini.

Mengarungi aliran Sungai Bingei lebih jauh semakin menambah rasa penasaran kita terhadap wisata arung jeram ini. Di sungai ini terdapat berbagai jeram yang dapat kalian lewati. Namun yang umum yang biasa diarungi oleh pengunjung adalah rute Namo Nangko hingga Bendungan Namu Sira-Sira. Rute ini memiliki panjang 7 kilo meter dengan jarak tempuh 2 jam. Saat mencapai ujung dari rute ini yaitu Bendungan Namu Sira-Sira, puncak keseruan para pengunjung akan disuguhkan. Pasalnya saat hendak mencapai bendungan perahu karet yang kita naikin akan meluncur kencang ke bawah bendungan. Namun, tak selalu dapat diluncuri. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi air yang ada di bendungan. Jika air terlalu kecil atau terlalu besar, maka para pengunjung tidak dapat menuruni sampai ke bawah bendungan. Pemandu akan melihat mistar tanda ketinggian air yang berada di pinggir bendungan, kemudian memberitahu pengunjung boleh atau tidak untuk meluncur ke bawah. Ketinggian air yang bisa untuk di turunin adalah 35 sampai 45. Saat meluncur kebawah, adrenalin kita akan benar benar di uji dan jantung kita akan berdebar kencang.

Baca JugaWisata Bukit Lawang Wisata Alam Paling Diminati Wisatawan

Selain itu, ada pula rute terpanjang yang ada di Sungai Bingei yaitu mulai dari Desa Lau Seridi sampai jembatan Bendungan Namu Sira Sira. Rute ini memiliki panjang 10 kilo meter. Jika kalian ingin berlama lama berarung jeram, sebaiknya kalian memilih rute ini. Selain itu, ada juga rute family trip. Rute ini merupakan rute terpendek dengan jarak 3 kilo meter dari depan Base Camp Explore Sumatera hingga Alam Indah. Buat kalian yang bersama keluarga, sebaiknya memiliki rute ini karena rute ini merupakan rute yang paling aman di Arung Jeram Sungai Bingei.

Buat kalian yang ingin mencoba sensasi bagaimana rasanya berarung jeram, tempat yang satu ini sangat cocok. Sealin di pandu oleh pemandu yang professional, keselamatan kalian akan selalu diutamakan. Kalian akan diberikan dayung, life jacket dan topi untuk keselematan. Pokoknya keselamatan pengunjung nomor 1. Selamat berbasah basah ya !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here