Tempat Pemandian Air Panas Paling Populer di Sumatera Utara

0
179
Tempat Pemandian Air Panas Sipoholon

Tempat pemandian air panas di Sumatera Utara termasuk salah satu destinasi yang sangat digemari oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Memanjakan tubuh setelah seharian eksplor tempat wisata lainnya sangatlah dibutuhkan. Membuat tubuh menjadi segar dan bergairah kembali untuk menjajal tempat-tempat wisata lainnya.

Di Sumatera Utara sendiri terbilang banyak tempat pemandian air panas yang terdapat di beberapa kabupaten seperti kabupaten Karo, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Selain berendam sembari bersantai ria banyak juga pengunjung yang datang ke tempat pemandian air panas melakukan terapi. Dengan berendam air panas alami yang mengandung belerang memang masih dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit, terutama penyakit kulit juga terapi lainnya.

Berikut ulasan tempat pemandian air panas yang sangat populer di Sumatera Utara yang wajib Anda kunjungi suatu hari nanti.

Tempat Pemandian Air Panas Sipoholon

Tempat Pemandian Air Panas Sipoholon terletak di kabupaten Tapanuli Utara sekitar 10 kilometer dari pusat kota Tarutung, dan sangat dekat dengan bandara internasional silangit. Air panas Sipoholon Tapanuli Utara ini berasal dari pusat mata air perut bumi yang selalu mengalir setiap saat.

Terdapat 2 kolam besar diatas bukit yang dialirkan ke setip bak-bak kolam pemandian, terlihat ada gunung-gunung kecil yang terbentuk memancarkan warna putih bak kapas. Selain itu, aliran air panas dengan suhu 40 hingga 70 derajat celcius menjadikan tempat wisata ini serasa bukan di Indonesia. Liburan ke sini, dijamin mengasyikkan.

Source Image: Google Maps

Ada juga warga yang sengaja datang jauh-jauh demi mendapatkan foto terbaik di tempat tercantik Tapanuli Utara tentu tidak ketinggalan berendam di tempat ini. Sepanjang jalan Sipoholon terdapat rumah sekaligus restoran kecil yang menawarkan kolam pemandian air panas, tinggal pilih dimana Anda suka. Nah, untuk berendam di pemandian ini, Anda cuma menghabiskan Rp5.000,- per orang saja sampai Anda puas, asyik kan.

Selain di daerah Sipoholon, di Tapanuli Utara, tempat pemandaan air panas Anda juga dapat mengunjungi daerah Hutabarat, dan Parbubu di kota Tarutung. Cuma yang sedikit berbeda, tempat pemandian air panas di desa Parbubu (tangga) ini merupakan tempat pemandian umum warga di desa ini. Namun siapa saja boleh datang ke tempat ini, untuk kolam perempuan dan laki-laki sudah terpisah.

Tempat Pemandian Air Panas Tanah Karo

Di kabupaten Karo juga memiliki sejumlah tempat pemandian air panas. Diantaranya yang paling populer dikunjungi wisatawan yang hendak memanjakan tubuhnya berendam di air panas adalah di Lau Sidebuk-debuk. Lebih kurang jarak tempuh 25 menit dari pusat kota Berastagi tempat pemandian air panas ini paling cocok buat Anda yang suka jalan-jalan untuk menyegarkan tubuh.

Jika Anda dari kota Medan menuju ke tempat ini hanya butuh 2 sampai 3 jam saja, Anda sudah dapat berendam di air panas sembari menikmati sensasi udara yang sejuk dan dingin, karena letaknya persis berada di kawan Gunung Sibayak di ketinggian lebih kurang 2.000 kilometer dari permukaan laut.

Lau Sidebuk-debuk – Source Image; Google Maps

Sumber air panas di tempat pemandian air panas Sidebuk-debuk ini berasal dari retakan aliran larva sebelah selatan lereng Gunung Sibayak yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terdapat beberapa kolam yang ditata rapi dengan kolam bertingkat sesuai dengan sensai panas yang berbeda.

Baca Juga: Tempat Wisata Menarik & Paling Populer Di Berastagi

Disaat terang tempat pemandian ai panas ini juga menyuguhkan pemandangan yang dapat memanjakan mata Anda dengan keindahan alam hijau pengunungan Gunung Sibayak. Agak berbeda dengan tempat pemandian air panas lainnya, Anda juga dapat mendapatkan sensai air panas dengan udara yang cukup dingin di malam hari. Beberapa tempat pemandian di daerah ini buka sampai pukul 24.00 wib.

Jadi Anda tidak peru kuatir setelah seharian merasa capek melakukan perjalan yang menguras tenaga, kapan saja waktu yang Anda inginkan untuk menyegarkan tubuh mampirlah ketempat ini. Anda juga dapat beristirahat menghabiskan malam di tempat penginapan-penginapan yang ditawarkan di daerah ini.

Tempat Pemandian air Panas di Pangururan, Samosir

Agak beda tempat ini, tempat pemandian air panas di Pangururan disebut Aek Rangat. Aek Rangat Pangururan, Samosir, merupakan salah satu tempat wisata paling populer dikalangan wisatawan. Aek rangat artinya adalah air panas atau sering juga disebut Hot Spring.

Aek Rangat Pangururan – Source Image: Google Maps

Sumber air panasnya berasal dari lereng Gunung Pusuk Buhit. Hampir sama dengan pemandian air panas di Sidebuk-debuk, para pengunjung dapat memilih tinggakatan panas yang diinginkan dari kolam-kolam yang disediakan. Banyak kolam pemandian air panas di Pangururan masih dikelolah oleh penduduk setempat.

Baca Juga: Asal Usul Danau Toba

Anda juga dapat membawa anak-anak ke tempat ini, karena dikolam-kolam yang sudah ada disediakan juga untuk anak-anak. Jadi cocok untuk wisata keluarga kan. Jika bertandang kesini untuk berendam menyegarkan tubuh, Anda juga dimanajakan dengan pemandan alam indah Danau Toba. Tidak hanya sekedar mandi air panas, tempat ini juga banyak dimanfaat pengunjung untuk foto pre-wedding dengan background putih bak salju.

Fasilitas-fasilitas yang disediakanpun terbilang lumayan lengkap, ada kamar ganti, restoran yang menawarkan berbagai menu seperti telur rebus pengganjal saat lapar juga beberapa tempat penginapan di tepi Danau Toba. Untuk berendam di sejulah tempat pemandian di Pangururan ini tidak dikenakan biaya seperserpun alias FREE, ya setidaknya Anda dapat memesan makanan atau minuman yang ditawarkan oleh penduduk lokal disini.

Untuk menuju tempat pemandian air panas di Aek Rangat ini tidak jauh dari pusat kota Samosir, Pangururan hanya memakan waktu 10-15 menit saja. Tempat inipun buka untuk umum pulai pukul 8.00 pagi sampai jam 10.00 malam setiap harinya, tempat parkirnya pun cukup luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here