Sapo Juma Tongging Tempat Selfie Penuh Warna

0

Bagi kamu pecinta traveler yang menyukai liburan ke daerah bertemakan alam dan ingin berekreasi ke tempat yang sedikit berbeda dari tempat wisata lain, kamu patut melengkapi cerita perjalanan kamu dengan mengunjungi objek wisata alam yang masih berada di seputaran lokasi Danau Toba.Sapo Juma Tongging. Demikian pemiliknya menamakan tempat ini. Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Lokasinya yang berada tidak jauh dari Danau Toba membuat tempat ini menjadi sudut yang sempurna untuk menikmati keindahan Danau terbesar di Asia tersebut.

Source Image: Google Map

Untuk menuju lokasi wisata ini kamu bisa memilih rute Pematang Siantar – Raya – Seribu Dolok – Merek. Kemudian setelah bertemu di perempatan jalan kamu dapat mengambil jalur ke arah kanan. Meski kondisi jalannya masih buruk, butuh perbaikan dan belum terbilang mulus namun itu sebanding karena di sepanjang perjalanan kamu dapat menikmati udara sejuk dan pepohonan hijau.

Sesampainya di tempat wisata ini kamu cukup membayar tiket masuk sebesar 20 ribu per-motor. Biaya yang cukup murah karena setelah itu kamu bisa bebas masuk dan mengeksplorasi keindahan Sapo Juma ini.

Hamparan hijau rerumputan dengan langit biru bagai atap dan lantai yang tak terpisahkan, ditambah pepohonan hijau yang membuat udara semakin sejuk. Bunga warna-warni yang menghambur bak taman bunga, itulah keindahan sejati yang diberikan oleh Sapo Juma ini. Taman surga ini dirawat dengan sangat baik oleh pemiliknya, dengan dihiasi jalan setapak agar oara pengunjung bisa menikmati beragam bunga dari jarak dekat tanpa khawatir harus merusak tanaman.

Source Image: Google Map

Tak sedikit pengunjung yang mengabadikan foto apalagi yang membawa pasangan masing-masing dengan berselfie ria di lokasi Sapo Juma Tongging. Cukup berdiri diantara bunga-bunga yang tumbuh bermekaran dan berpose dengan gaya terbaik masing-masing sehingga menghasilkan foto yang bagus dan menarik.

Untuk bersantai bersama teman dan keluarga kita bisa melihat pengunjung duduk dan bermain di hamparan rumput yang menghadap langsung ke arah Danau Toba dan memandangi birunya air danau dan bukit-bukit hijau menjadi suatu keindahan yang tak bisa terungkapkan dengan kata-kata. Sempurna bukan?

Source Image: Google Map

Fasilitas utama tempat wisata alam ini sebenarnya adalah villa atau penginapan untuk para tamu yang datang untuk tinggal barang sehari dua hari. Namun agar terasa lebih khas dan spesial pemilik villa melengkapi tempat ini dengan sebuah taman warna-warni yang kabarnya mengalahkan taman bunga yang ada di Belanda sehingga pengunjung dapat memuaskan hati dan tidak jera untuk menginap di tempat ini. Wah menakjubkan ya..

Baca JugaMisteri Danau Linting & Pesona Wisatanya

Namun ada larangan yang tidak boleh dilanggar oleh para pengunjung saat berfoto di taman ini, yaitu tidak boleh memetik apalagi sampai menginjak bunga hanya demi kepentingan foto semata karena pemilik tempat ini bersusah payah untuk menanam dan merawat taman ini tentu pengunjung pun harus menghargainya.

Selain penginapan, fasilitas yang terdapat di Sapo Juma ini menyediakan area kempuming untuk pengunjung yang ingin merasakan kemah bagai di taman surga. Bagi pengunjung yang beragama muslim yang ingin beribadah, lokasi Sapo Juma ini juga menyediakan mushola dan masih banyak fasilitas umum di tempat ini.

Tidak jauh dari Sapo Juma ini ada juga destinasi wisata lain yang cukup seru dan menyenangkan untuk dikunjungi yaitu Air Terjun Sipiso-piso, Bukit Sipiso-piso, Desa Sibolangit dan destinasi wisata alam lainnya di seputaran Danau Toba dan Sapo Juma Tongging ini.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalan kegiatan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah Desa Tongging, kamu dapat menyambangi langsung permukiman warga dan mencoba ikut beraktivitas bersama, hitung-hitung dapat menambah pengalaman dan mengetahui lebih luas mengenai kehidupan masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai petani dan bercocok tanam. Masyarakat Desa Tongging yang merupakan penduduk asli Tanah Karo ini sangat ramah dan tidak pelit dalam berbagi ilmu mengenai seluk beluk berkebun dan bercocok tanam, dengan syarat pengunjung dapat menghargai dan menjaga kelestarian alam tempat ini, tidak mencuri hasil kebun warga atau bahkan sampai merusak.

Untuk pengunjung yang repot dan tidak sempat membawa makanan dari runah atau sekedar cemilan pengganjal perut, lokasi wisata Sapo Juma juga menyediakan resto dan kafe yang menyediakan menu menarik dari bahan organik. Menikmati pemandangan luar biasa dengan suasana yang tenang sambil menyantap makanan dan minuman yang dapat mengisi perut yang kelaparan setelah lelah berkeliling dan mencari latar belakang foto yang cocok untuk diabadikan.

Nah, selain menjadi sarana hiburan dan rekreasi Sapo Juma Tongging ini juga dapat menjadi sarana edukasi, tempat bagi para pengunjung terutama pelajar dan organisasi pecinta alam yang ingin mengenal langsung keindahan tempat ini dan mengenal satu persatu nama-nama bunga yang berada di lokasi wisata ini.

Kini sudah tahu kan mengapa berlibur ke Sapo Juma mengasyikkan? Datang dan nikmati objek wisata alam yang penuh bunga warna-warni ini untuk membuat liburab semakin lengkap dan mengesankan.
Salam traveler…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here