Bukit Indah Simarjarunjung Tempat Wisata Selfi Kekinian (Foto-Foto)

1

Belakangan ini nama “Bukit Indah Simarjarunjung” menjadi sebuah trend dikalangan pemburu tempat wisata di Sumatera Utara. Seiring semakin melonjaknya pengguna smartphone serta media sosial membuat tempat ini, yakni Bukit Indah Simarjarunjung menjadi tempat wisata jaman now. Yang dari dulunya tempat ini hanya sebatas bukit yang ditumbuhi ilalang dan beberapa jalan setapak, kini berubah sangat cepat mengikuti trend yang ada menjadi tempat untuk mengabadikan dengan latar belakang Pemandangan Danau Toba.

Seperti Kita ketahui bersama, kini ragam jenis wisata yang kekinian. Ada kampung yang sengaja menghiasi seluruh rumah dengan berubah cat dengan ragam warna. Dingding dimural dengan gambar-gambar menarik bahkan lukisan dua dimensi dipadukan dengan bentuk bangunan bersama alam menjadikan tempat-tempat tersebut menjadi spot-spot unik untuk berselfi-ria lalu mengunduh ke media sosial. Dalam waktu yang bisa dikatakan singkat, tempat-tempat yang modifikasi sedemikian rupa menjadi tempat-tempat yang ramai dikunjungi. Demi menghapus rasa penasaran serta sekaligus berwisata membuat warga mengunjungi tempat-tempat demikian. Dan Hush. Dalam sekejap foto-foto dengan latar yang menarik dibagikan ke publik di media social.

Wahana Ayunan/ Bukit Indah Simarjarunjung – Google Maps

Trend lokasi wisata yang unik seperti yang Kami bahas saat ini, sudah banyak bermunculan di beberapa kota di Indonesia. Misalnya saja Kalibiru di Jogyakarta, Bukit Cinta di Karimunjawa, Bukit Cinta Bayat di Klaten,Celaket Adventure Park di Mojokerto, Tebing Masigit di Padalarang, Bukit Mojo di Mangunan Yogyakarta dan sebagainya. Dan yang lagi hits-hitsnya di Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Simalungun yakni Bukit Indah Simarjarunjung atau disebut juga dengan BIS.

BIS atau Bukit Indah Simarjarunjung memiliki sejumlah kelebihan dengan tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia. Diantaranya adalah backgroun alam Danau Toba yang begitu luas dapat memanjakan mata untuk memandang pesonanya selama berkam-jam lama, dari BIS atau Bukit Indah Simarjarunjung dekat dengan sejumlah tempat wisata di Danau Toba. Disekitar lokasi Bukit Indah Simarjarunjung juga terdapat pemancar relay TVRI untuk wilayah Sumatera Utara.

Beberapa tahun lalu saat Kami pernah datang ke tempat ini, pengunjung yang datang Bukit Indah Simarjarunjung masih bisa dihitung dengan jari, tidak banyak. Belum ada spot-spot untuk berfoto ria, masih sekedar tempat duduk serta arena bermain tanpa tertata dengan baik. Namun sudah berbeda dengan sekarang ini, boleh dikatakan peningkatan pengunjung sesudah dikelolah dengan kekinian tadi. Rata-rata wisatawan yang datang pada hari-hari biasa mencapai 300 pengunjung, untuk di akhir pekan bisa mencapai 1000 orang wisatawan bahkan ada yang berasal dari luar kota.

Wahana Balon Udara/ Bukit Indah Simarjarunjung – Google Maps

Warga setempat yang mengelola tempat ini awalnya menghiasi pohon-pohon pinus yang tumbuh ditempat ini dibuat spot-spot foto dari ketinggian 3-8 meter. Lalu mempromosikan lewat media sosial seperti facebook dan instagram. Tidak disangka, dalam waktu singkat jumlah pengunjung terus berkunjung tiap minggunya. Lalu pengelola mencoba menambah wahana foto dengan design-design yang unik, membuat fasilitas umum seperti toilet & kamar mandi. Ada juga tempat kemah buat pengunjung yang hendak bermalam, serta juga tersedia rumah makan disana.

Alamat Bukit Indah Simarjarunjung

Rute menuju Bukit Indah Simarjarunjung terdapat empat jalur besar, dimana letak cukup mudah diakses melalui jalur darat. Tepatnya Bukit Indah Simarjarunjung berada di Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Jalur Samosir, bila Anda dari Pulau Samosir hendak menuju Bukit Indah Simarjarunjung cukup menggunakan jasa penyeberangan dari pelabuhan Simanindo, lebih dekat. Dari pelabuhan Simanindo langsung menuju pelabuhan Tigaras, kemudian lanjut menuju simpang Simarjarunjung. Saat penyeberangan via Danau Toba membutuhkan waktu lebih kurang 40 menit, dari pelabuhan Tigaras hanya butuh lebih kurang 15-20 menit saja menuju tempat wisata ini.

Sementara untuk Anda yang melalui jalur Berastagi, Kabanjahe dan Medan, membutuhkan waktu lebih kurang 2,5 jam dari Berastagi via Saribu Dolok terus ke Simarjarunjung. Sepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan aneka ladang sayur milik warga, serta udara yang segar dan sejuk.

Bila Anda dari Kota Pematang Siantar sekitarnya Anda dapat menempuh 2 jalur darat yakni, via Simpang Raya dan simpang Sipolha. Untuk jalur Simpang Raya, sebelah kiri Anda akan melihat pemandangan kebun teh serta perkampungan dengan jarak tempuh 1 jam 30 menit ke arah Sarimatondang. Jalur kedua adalah jalur profinsi arah ke kota Parapat, sebelum kota Parapat di persimpangan dua melalui simpang Sipolha.

Bukit Indah Simarjarunjung – Google Maps

Bagi Anda wisatawan yang pertama kali jika berniat untuk mengunjungi lokasi ini dapat menempuh penerbangan langsung ke Bandara Internasional Silangit, Siborong-borong dengan tempuh lebih kurang 3 jam 15 menit atau 125 kilometer. Agar waktu terisi dengan maksimal lakukanlah list tempat-tempat wisata paling dekat yang Anda inginkan. Dan kami sangat menyarankan menginaplah di hotel-hotel yang terdekat dengan lokasi desitnasi Anda.

Baca Juga: 8 Lokasi Wisata Terdekat Dengan Bandara Silangit Siborong-borong

Untuk menuju lokasi Bukit Indah Simarjarunjung tepat di desa Parik, akses agak terjal dan sedikit licin dikala hujan. Anda juga cukup berjalan ke puncaknya dengan berjalan kaki sejauh 300 meter sembari olahraga kecil menghirup udara yang cukup segar disana. Ya, tentu dengan harapan jalan menuju ke puncak Bukit Indah Simarjarunjung ini dapat lebih mulus dan bagus saat kunjungan Anda kedua yah?! Ya semua kita berharap ya.

Seperti yang kami sarankan diatas, sebaiknya sebelum menikmati pesona Bukit Indah Simarjarunjung cobalah lebih berwisata menjelajahi keindahan alam sekitar Danau Toba.

Baca Juga: Daftar Objek Wisata Danau Toba Patut Anda Ketahui

Saat Anda berada di atas Bukit Indah Simarjarunjung Anda akan melihat pesona lukisan alam Danau Toba tak terbatas. Seluas mata memandang, tepat didepan terbentang sebuah pulau diantar terbesar di deretan pulau-pulau di Indonesia, yakni Pulau Samosir yang memiliki luas lebih kurang 640 kilometer persegi. Ditambah Gunung Pusuk Buhit yang fenomenal dipercaya sebagai asal usul Raja Batak melihat daerah kekukasaannya kala itu di sebelah barat.

Wahana Bunga & Love – Bukit Indah Simarjarunjung – Google Maps

Sebagian besar pengunjung adalah kalangan muda-mudi yang sangat bersemangat sekali mengabadikan spot-spot yang kren. Disetiap wahana yang disediakan oleh pengelola disana cukup membayar Rp. 5.000,-. Anda juga akan ditawarkan jasa fotografer dengan menggunakan kamera DSLR dengan hasil foto yang mantap tentunya. Jasa tersebut cukup membayarkan Rp. 10.000 untuk setiap moment yang Anda inginkan dalam bentuk file JPG kedalam memory card ataupun flashdisk. Untuk pose diketinggian 3-5 meter dari permukaan tanah, tentunya ada diwajibkan menggunakan tali pengaman saat ber-pose dengan leluasa tanpa harus kuatir bila sesuatu terjadi pada diri Anda. Ada spot berbentuk LOVE dirangkai bunga, ada juga wahana sepeda seolah-olah Anda bersepeda di udara, ada juga Ayunan langit serta wahana flying fox bagi Anda yang suka dengan uji nyali di ketinggian.

Untuk Anda yang datang dengan kendaraan misalnya dengan sepeda motor cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000,-, jika menggunakan mobil cuku membayarkan Rp. 10.000 serta Rp. 20.000 untuk kederaan BUS, setelah itu Anda bebas masuk ke area Bukit Indah Simarjarunjung. Untuk lebih hemat lagi pengunjung dapat menggunakan kamera ponsel untuk mengabadikan pose pose, tentu saja bila menggunakan wahana-wahana yang tersedia cukup membayarkan Rp. 5.000,- setiap wahana.

Bagaimana, cukup serua juga yah. Jadi tunggu apalagi, list perjalanan Anda menuju tempat-tempat wisata yang Anda inginkan dan jangan lupa mampir ke Bukit Indah Simarjarunjung ya kawan. Selamat Berlibur.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here