Contoh Percakapan Bahasa Batak “Aku Sayang Kamu”

0
6109

Aku Sayang Kamu. Inilah topik bahasan kali ini dalam segmen Belajar Bahasa Batak Toba. Banyak cara mengungkapkan kata-kata sayang dan rindu kepada seseorang khususnya saat nembak cewek.

Dan bukan hanya untuk nembak cewek saja, ungkapan sayang juga bisa diucapkan kepada orangtua dan anak. Namun kali ini kita bahas topinya untuk orang dewasa dulu yah?! Ok. Berikut beberapa contoh percakapan ungkapan “Aku Sayang Kamu” dalam Bahasa Batak Toba.

Bahasa Batak Aku Sayang Kamu

Cowok: Ito, dung mulak karejo ho annon unang jolo pintor mulak ho tu kost-an mu da.
Ito, nanti sesudah pulang kerja nanti jangan langsung pulang ke kost-an mu yah.

Cewek: Oh olo ito, na apa adong do na porlu hian ito?
Iya ito, memang ada yang perlu sekali yah?

Cowok: Ido ito, naeng manghatai jolo nian hita bah.
Iya, benar ito. Kita ngomong dulu ya ada yang sangat penting nih.

Cewek: Olo ito, alapi ma au annon da.
Iya ito, nanti jemput aku saja yah.

Cowok: Olo Ito.
Iya Ito

… 30 menit kemudian… disebuah taman kota sembari minum cendol panas plus lapet pulut (hehe ada gak ya di kota besar beginian…)

Cowok: Ito, nunga lobi onom bulan ma hita sai rap mardalan. Alani uli dohot burjumi gabe tarpangan rohangki.
Ito, begini. Kan sudah hampir enam bulan ini kita jalan sama. Kamu begitu cantik dan baik hati, hatiku jadi kepincut.

Cewek: Ahk ho nian Ito, parlobihu do ho bah.
Ahk, ito ini bisa saja, ito berlebihan sekali bah.

Cowok: Daong ito, situtu do na hu dok. Ito… Holong rohangku tu ho. Ho ma na gabe hamlethu da, hasian.
Ahk, gak ito, Benaran kok ito. Ito.. Aku Sayang Kamu. Kamulah jadi pacarku ya, sayang.

Nah, biasanya kan nyampein kata-kata rayuan kepada cewek pake malu campur grogi gitu kan. Sampai disini saja dulu percakapannya, lagian pada umumnya cewek batak itu gak akan langsung jawab, iya apa tidak. Paling berjalan seiring waktu saja.

Bahasa Batak Translate kata-kata diatas

Rap Mardalan = jalan sama
roha = hati
holong = cinta/ sayang
holong rohangku = aku sayang/ aku cinta
lobi = lebih
parlobihu = berlebihan
onom = enam
alap = jemput
manghatai (baca: makkatai) = bicara/ ngomong
porlu = penting
porlu hian = penting sekali
hasian = sayang

Demikian tips singkat tentang belajar bahasa Batak (Toba) dengan topik “Aku Sayang Kamu”. Tutorial belajar Bahasa Batak (Toba) ini dibuat semata-mata untuk mengingatkan kembali bahasa daerah (bahasa batak toba) agar dapat dipelajari bagi Anda yang ingin mempelajari Bahasa Batak (Toba).

Baca Juga: Percakapan Makan Malam – Sambal Andaliman

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lengkap selain materi diatas dengan topik yang sama yakni tentang ucapan “aku sayang Kamu” dalam bahasa batak, silahkan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar. Kami akan berusaha menyampaikan jawaban kami dalam waktu dekat pada tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here