Autumn, Musim Gugur Ingatkan Danau Toba

0
Musim Gugur
Musim Gugur Telah Tiba

Musim panas yang panjang akhirnya usailah sudah yang di mulai dari awal bulan Juni hingga akhir Agustus, dan musim gugur kini pun tiba. Musim gugur adalah masa pergantian dari musim panas ke musim dingin (winter) yang juga berlangsung selama tiga bulan, September hingga November. Untuk negara-negara yang terletak di kutub selatan yang mempunyai empat musim, musim gugur adalah musim yang sangat di sukai oleh banyak orang. Saya juga sangat menyukai musim ini yang mana suhu udara turun beberapa derajat terasa sejuk dan dingin berkisar 12 c – 15c, tapi buat halak hita (orang batak) yang  berasal dari daerah tropis  mungkin kurang menyukai nya apalagi menjelang musim dingin nanti.

Di awal musim gugur kita dapat melihat dengan jelas perubahan alam di sekitar kita, matahari yang bersinar semakin singkat, yang mana di musim panas matahari terbit pukul 5.00 pagi dan terbenam pukul 10.00 malam. Juga dengan daun-daunan pohon yang mulai berganti warna, ada yang kuning, merah, ungu dan perak apalagi di pertengahan bulan Oktober begitu indah di pandang mata. Hingga  diakhir puncak nya sekitar bulan November nanti akan jatuh berguguran dan awal nya memasuki musim dingin. Untuk menikmati musim ini lebih asik kalau kita berjalan-jalan ke hutan kecil, yang mana kita dapat menikmati dengan jelas suasana yang begitu indah dan tenang.

Apalagi sewaktu saya mengunjungi danau Lady Bower yang terletak di luar kota Sheffield, Inggris  sangat menakjubkan dengan panorama nya yang mengingatkan saya akan keindahan danau Toba yang terdapat di Pulau Sumatra. Di sekitar danau ini kita dapat melihat beraneka macam hewan liar seperti burung-burung, unggas, bebek liar dan tupai yang begitu aktif menimbun persediaan makanan untuk menghadapi musim dingin yang panjang dimana seluruh tanaman akan berhenti berproduksi atau hibernate.

Musim Gugur
Musim Gugur Telah Tiba, jadi Ingat Danau Toba

Jika kita mempunyai halaman yang luas dengan bermacam jenis pohon-pohonan, musim gugur sangat merepotkan, karena di akhir  musim ini yang mana semua daun-daunan akan berguguran akan mengotori halaman pekarangan anda. Tapi banyak orang sangat menyukai daun-daunan ini yang dapat dijadikan permainan dengan saling melempar dan menendang daun-daun yang kering dan renyah, apalagi jika matahari bersinar cerah sangat indah dan romantis jika anda berdua dengan teman sejoli anda. Tidak seperti di kampung, kita dapat mencari sapu lidi dengan gampang. Hanya di sini kita dapat menggunakan mesin penyedot daun walaupun sedikit bising tapi sangat membantu untuk menyapu seluruh daun-daunan yang mengotori pekarangan anda. Hanya setelah membersihkan seluruh daunan yang berguguran tersebut jangan lah anda membuang ke pekarangan tetangga anda,karena itu akan menimbulkan konflik.

Hahaha…horas buat semua halak hita dimanapun berada, selamat menikmati musim Gugur…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.