Dari England & Francis Mar Solu Di Danau Toba

3
4654
danau toba

Danau Toba sudah sejak lama dikenal oleh turis luar negeri menjadi daerah tujuan wisata dan jadwal penting untuk wilayah Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias. Walaupun banyak tempat untuk menikmati pemandangan indah di sekitar Danau Toba akan tetapi tidak akan membosankan jika kita mempunyai ide berbeda untuk menikmati alam dan air Danau Toba.

Sebut saja idenya mar Solu (sampan) atau kapal kayu kecil. Pasti seru, sambil bermain dan belajar mar solu di air Danau Toba. Misalnya saja ide ini ditururkan seorang anak kepada orangtuanya untuk menggunakan solu bermain di air Danau Toba. Keluarga besar yang datang khusus dari Paris mengunjungi keindahan dan heningnya di tepi Danau Toba di Tolping bersama Jamez Pakapahan dari England, Hotel Vanesha pilihan mereka.

danau toba

“Saya ingin mar solu, bosan berenang terus di Danau Toba” ucap Victor kepada ibunya, Yetty Aritonang. Akhirnya dengan senangnya, Victor ditemani ayahnya Jean Juge, Jamez Pakpahan mar solu, walau terkadang solunya oleng dan terbalik tidak menjadi masalah bagi mereka. Salah satu kegiatan yang mereka sukai adalah menghabis waktu berjam-jam di dalam air.

Lihat saja Jamez Pakpahan hanya butuh waktu beberapa menit bisa menguasai dan mengendalikan solu sambil di dayung tidak oleh. Coba simak video liputan yang kami ambil beberapa waktu, July 2011 lalu.

Video:

Solu di Danau Toba

Solu adalah sebuah alat transportasi paling penting di sekitar Danau Toba yang digunakan oleh masyarakat disana. Solu. Ukurannya tidak terlalu panjang, sekitar 3 sampai 5 meter. Solu atau sampan dapat digunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari misalnya mencari ikan dan menuju ke huta (perkampungan) di pinggiran Danua Toba. Pada saat ini Solu tidak lagi digunakan melainkan Kapal Motor sebagai alat transportasi dan jumlahnya pun terus berkurang.

Meski pemerintah setempat setiap tahunnya membuat perlombaan yang menggunakan alat transportasi tradisional ini di sejumlah tempat di Danau Toba, tetap saja solu atau perahu kecil sudah jarang terlihat. Misalnya saja solu bolon, nyaris hilang dari perairan Danau Toba. Akankah solu atau perahu kecil ini hilang begitu saja? Semoga saja tidak!

Ingin tempat aman, sunyi, jauh dari keramaian saat berlibur dengan keluarga, teman, atau perkumpulan. Coba Vanesha Hotel

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here