Perayaan Syukuran Hari Jadi Gobatak Ke-7

0

Memasuki usia yang ke-7 tahun Gobatak.com menggelar syukuran pertama sekali yang pernah dilaksanan. Pada hari jadi berkiprah dilayanan online di website gobatak sebagai media Adat, Seni dan Budaya Batak dilaksanakan dengan upacara sederhana di markas pusat di Pematangsiantar (26/01/2012).  Acara tiup lilin pun dilaksanakan tepat pada pukul tujuh malam.Acara sederhana yang digelar malam tadi turut dihadiri oleh Duaon Sinaga, Saut Sitohang, Olap Lindei Damanik, RanieAgustina Hasian Sihaloho dan kedua temanya, Rizal Sipayung, Rosmelina Sinaga, Merry Anastacia Sinambela, serta dihibur oleh saudara Hendra Ginting. Juga hadir para koresponden untuk layanan khotbah minggu Ev. Are Laia dan narasumber diskusi adat dan budaya batak Toba P. Siahaan (Op. Saihin Immanuel-Doli).

Ucapan Terima Kasih

Terima kasih kepada seluruh pengunjung & Fans Gobatak dimana pun berada yang telah support layanan Gobatak sebagai media yang khusus mewartakan Seni, Budaya & Pariwisata Tanah Batak. Terima kasih juga kepada Founder Gobatak.com (Benny Sigalingging) yang memunculkan ide untuk mempersatukan komunitas suku batak melalui internet.

Mauliate kepada Yetty Aritonang yang support semangat dan donasi meneruskan beberapa layanan serta hosting Gobatak. Terima kasih kepada Abang2, Kakak2 yang tidak bisa kami sebut satu persatu yang telah mendukung, mempercayakan dan support baik donasi untuk team melaksanakan meliput kebeberapa daerah di Sumatera Utara.

Terima kasih juga kepada seluruh koresponden disetiap acara-acara live broadcast kami, yang untuk saat ini belum kami lanjut dikarenakan sesuatu hal yang belum mendukung menunggu program pembuatan studio mini kedepan yang terpisah dengan rumah (studio saat ini).

Terima kasih juga kepada dongan parhobas Hala Sinaga, Saut Parulian Sitohang, Pangeran Debataraja, Wanson Sinaga, Duaon Simandalahi, Bitner Situmorang, Novel Simbolon, Kemp Rajagukguk, serta yang telah berjasa mendukung kegiatan Gobatak dengan sukarela.

Terima kasih juga buat orangtua kami berserta keluarga yang tetap mendukung kegiatan Gobatak.com sampai nafas terakhir.

Photo Liputan:

Video Liputan, Acara Tiup Lilin

Sejarah Singkat Gobatak.com
Oleh: Founder Gobatak, Benny Sigalingging

Pada tahun 2001 tidak sengaja menemukan situs chatting yang namanya MIRC (pasti kalau anak mirc tau ini 😀 ), lalu saya berinisiatif membuat channel chatting namanya “Batakusa“. Sejak saat itulah timbullah ide untuk membuat website. Lalu didaftarlah sebuah nama dengan meregister domain “batakusa”, untuk tempat kumpulan gallery photo para use chatting di channel tersebut agar bisa kenal satu sama lain.

Beberapa lama kemudian saya putuskan untuk merubah website ini menjadi komunitas orang Batak di Amerika sebagai tempat informasi sesama Batak di Amerika. Berawal dari hobby dan saya tidak terlalu paham untuk design website mau tak menggunakan open source copy and paste (alias gratisan).

Seiring waktu website “batakusa” kurang lebih 2 tahun tidak begitu memiliki banyak peminatnya. Ternyata kebanyakan orang Batak yang tinggal di Amerika negara adidaya itu tidak begitu suka dengan namanya website, mungkin dipikiran mereka buat apa itu website. Sambi memikirkan, kemudian timbullah ide untuk membuat perombakan agar kontennya secara umum, jadi tidak hanya orang Batak yang di Amerika saja. Saya daftarlah domain “gobatak.com” tahun 2005 tepatnya tanggal 26 Januari silam. Harapan saya dengan nama GOBATAK berarti majulah orang Batak, jadi tidak ada lagi keterbatasan semua orang batak bisa nge informasikan di website gobatak. Namun, pada tahun 2005 masih susah mencari designer dan mahalnya minta ampun :), saat itu tahap pengerjaann design gobatak.com dipending karena pertimbangan ada beberapa website seperti horas.or.id, laputuak dan batakweb saat itu tidak diurus dan mati suri.

Niat saya untuk membuat website gobatak.com salah satunya adalah menjadikan wadah informasi halak Batak dimana saja. Paling banyak dulu dikunjungin orang website gobatak adalah gallery photo, kita posting photo terus ada kasih komentar, nah di sinilah banyak aku kenal orang Batak diseluruh penjuru dan dari gallery photolah aku bisa ngerecruit orang orang menjadi team gobatak yang bisa ngebantu aku untuk update isi website, kemudian saya buatlah radio streaming biar bisa dengar lagu-lagu batak.

Saya lihat updating website gobatak.com kurang karena keterbatasan informasi yang saya dapat maka tahun 2008 saya alihkan ke saudara Pandapotan Sidabutar untuk menjadi owner, semua termasuk untuk pengurusan dan tanggungjawab termasuk biaya pengurusan website saya kasih ke saudara Pandapotan. Pertimbangan saya saat itu karena saya lihat dia saya lihat benar-benar mau mengerjakan, disamping itu saya sudah nikah dan punya anak 2 sehingga tak ada waktu lagi ber DJ ria .

Sekian dulu sejarah pembuatan website, tetap kita dukung yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.