Home Breaking News Boru Batak Pertama Di Dunia Handal Bermain Sulim

Boru Batak Pertama Di Dunia Handal Bermain Sulim

3 6,967 views
Zulkaidah boru Harahap

Sulim adalah sebutan untuk “Seruling” dari daerah Sumatera Utara. Memainkan alat musik sulim oleh orang Batak selalu didominasi oleh kaum laki-laki, sangat jarang sulim dimainkan oleh kaum perempuan. Lihat saja, Roland Lumbantobing asal Tarutung seorang anak laki-laki mahir bermain alat musik tradisional Batak termasuk sulim (Baca: Satu-satunya Musisi Batak Termuda Di Dunia  ).

Namun, siapakah boru Batak yang juga mahir dan sangat handal memainkan “Sulim” alat musik tradisional Batak itu? Dia adalah Zulkaidah boru Harahap. Boru Batak asal Tapanuli Selatan ini bisa memainkan Sulim dan bernyanyi di pentas seni tradisional yakni Opera Batak. Zulkaidah boru Harahap juga sangat akrab dikenal sebagai (mantan) icon Ratu Opera Batak.

Zulkaidah boru Harahap

Permainan Sulim oleh Zulkaidah boru Harahap

 

Zulkaidah boru Harahap pernah berkecimpung di Opera Batak sejak 1960-1973 pimpinan Tilhang Gultom juga Opera Serindo sejak 1973-1985. Pada masa itu, dia (Zulkaidah boru Harahap) selalu menjadi idola oleh orang banyak karena keahlihannya bermain sulim dan bernyanyi di pentas-pentas Opera Batak di banyak tempat.

Video berikut ini adalah cuplikan performance Zulkaidah boru Harahap berkolaborasi dengan Alister Nainggolan disebuah acara yang digagasi oleh Pusat Latihan Opera Batak (PLOt) di Pematang Siantar, beberapa waktu lalu.

Video Liputan “Kehandalan Zulkaidah boru Harahap Bermain Sulim”

Pada agenda Penyerahan Gelar Maestro Batak kepada keduanya oleh Pusat Latihan Opera Batak (PLOt) yang dipimpin oleh Thompson Hs, Jumat (14/1). (Baca: Penyerahan Gelar Penghargaan Oleh PLOt Kepada Dua Maestro Batak)

Kaos Polos Murah Siantar

3 COMMENTS

Leave a Reply