Berikut Perhitungan Biaya Pernikahan Adat Batak #5 Bikin Nangis

0

Tradisi Pernikahan Adat Batak termasuk kompleks bisa bikin pusing kepala kan. Ya, sebenarnya tidak begitu adanya jika Anda dapat memahami proses mulai dari awal sampai akhir tata caranya.

Sama seperti ritual adat istiadat suku-suku di Indonesia, Batak Toba menempatkan proses dan tahapan pernikahan merupakan sesuatu ritual yang sakral dan penuh makna. Pernikahan dalam adat Batak Toba adalah suatu tahapan perdana bagi kedua pasangan memasuki zona adat istiadat dalam bersosial dan bermasyarakat, yakni Dalihan Na Tolu.

Untuk penjelasan atau penjabaran singkat tentang makna filsafah Dalihan Natolu dalam kehidupan Batak Toba serta contoh penerapan bersosial dalam adat Batak Toba dapat membaca link berikut ini: Filsafah Orang Batak Toba Dalam Dalihan Natolu.

Ok sebenarnya yang harus dipersiapkan untuk melakukan pesta Pernikahan Adat Batak? Kira-kira apa saja yang harus dikeluarkan untuk biaya pernikahan Adat Batak?

Berikut adalah beberapa gambaran biaya pernikahan dengan asumsi di wilayah Pematang Siantar.

Jadi total kebutuhan biaya untuk keperluan pesta pernikahan batak adalah Rp 86.500.000. Gambaran biaya diatas adalah contoh perkiraan standart (menengah). Nah, Anda juga bisa menentukan biaya untuk membuat pesta pernikahan yang lebih sederhana atau lebih mewah juga bisa.

Total kebutuhan diatas bisa tempatkan pada kedua belah pihak. Hanya saja jika kegiatan pesta di pihak laki-laki biaya tambahan yang wajib adalah biaya nomor 13. Bagaimana, buat Anda yang sudah punya rencana melangsungkan pesta pernikahan dengan Adat Batak silahkan estimasi dana diatas bisa dijadikan panduan untuk memperkirakan biaya pesta yang akan datang.

Semoga bermanfaat.

Baca: 9 Proses Perkawinan Dalam Budaya Batak Toba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here