Kecelakaan Maut: Mini Bus Terjun Ke Danau Toba

1

Parapat (28/06) – Brak! Sebuah minibus angkutan umum berplat hitam nomor polisi BK 1170 XO terjun dan berguling-guling jatuh ke Danau Toba. Menurut saksi mata, warga yang berada diskitar mendengar suara tabrakan kuat dan teriakan diduga berasal dari penumpang minibus tersebut. Kejadian jatuhnya mobil yang berasal dari Mandiling Natal menuju Medan tepat diantara warung di Panatapan Sibaganding Parapat.

“Kami tidak dapat berbuat apa-apa saat itu, waktu itu kejadiannya pada dini hari sekitar pukul 05.30 wib” ujar Alarodo Manik (32 Tahun) kepada Gobatak.com, Kamis (28/06/2012). Sekitar pukul 19.00 wib mobil yang jatuh lebih kurang 170 meter tersebut berhasil diangkat oleh team evakuasi dari Polisi Lalulintas Simalungun.


Kondisi mobil setelah ditarik dari jurang Danau Toba – foto Gobatak.com

Data yang berhasil kami (Gobatak) himpun saat di tempat kejadian dari beberapa warga yang menyaksikan serta yang turut membantu evakuasi korban kecelakaan maut itu, dari 12 penumpang 9 orang tewas dan 3 orang selamat. Korban yang selamat dari kecelakaan maut minibus di Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Parapat. Seterusnya dirujuk ke Pematang Siantar untuk mendapat perawatan lebih intensif.

Menurut Holmes Hutapea (32) dari team SAR Danau Toba Pt Aqua Farm yang turut mengevakuasi korban mengatakan sulitnya medan menuju titik evakuasi membuat lamanya penanganan evakuasi. “Saya sempat mengevakuasi seorang korban evakuasi kondisi yang kritis dan mengenaskan akhirnya meninggal ditangan saya” tambah Holmes.

Sementara penyebab kecelakaan maut yang menewaskan 9 orang warga asal Mandailing Natal tersebut masih diselidiki oleh pihak-pihak yang berwenang. Ada dugaan bahwa supir mengantuk dan hilang kendali lalu menabrak-mengelakkan gundukan tanah yang mengenai badan jalan, dengan kecepatan tinggi meloncat melewati pembatas jalan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.