Ini Cara Memasak Ikan Mas Arsik Paling Sederhana & Enak Patut Anda Coba Dirumah

0

Ikan Mas Arsik salah satu masakan khas Batak Toba. Ikan Mas Arsik selalu ada di acara adat Batak Toba baik acara adat perkawinan dan kematian. Menu ini termasuk juga masakan yang paling popular, bahkan juga banyak orang yang menyebutkan arsik juga sebagai ikan mas bumbu kuning.

Bumbu yang dipakai untuk memasak arsik juga sangatlah khas, sebagian bumbu sangatlah istimewa lantaran memiliki kandungan sebagian komponen khas dari lokasi pegunungan Sumatera Utara, umpamanya andaliman dan asam cikala atau buah kecombrang, diluar itu arsik juga memakai rempah-rempah seperti masakan tradisional Nusantara lain seperti lengkuas serta serai dan lain lain. Andaliman juga menambah cita rasa getir dan aroma yg khas. Arsik rasanya sangat segar krn didominasi rasa asam, pedas dan asin.

Sangat banyak menu masakan enak memiliki bahan dasar ikan, satu diantaranya yaitu dapat kita ulas pada kesempatan ini yakni cara memasak ikan mas arsik. Tentu saja bagi Anda yang bersal dari Tapanuli tentu saja agak asing dengan resep yang kami sungguhkan ini nantinya.

Ikan mas arsik

Saat ini banyak variasi yang tentu memakai model ikan lain tidak hanya mas, umpamanya, ikan mujahir kakap dan lain lain lagi. Saat sebelum memasak atau pada sistem penyiapannya ikan mas bakal di buat arsik tidak di buang sisiknya.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara memasak ikan mas arsik enak, masakan khas Nusantara, sebaiknya Anda ikuti cara memasak ikan mas arsik yang enak dan paling sederhana. Mudah-mudahan cara memasak ikan mas arsik atau ikan mujahir kami tunjukkan ini sesuai sama selera anda, tentu resepnya dengan cara kami yah.

Resep spesialnya ada di cara memasak ikan mas arsik enak di bawah ini.

Bahan:
– 1 ekor ikan mas atau ikan mujahir, berat sekitar 0.7 kg (dipotong & dibersihkan)
– 1 ikat kacang panjang, potong sepanjang 10 cm (sekitar 25 – 30 batang kacang panjang)
– 1 ikat bawang batak, dipotong 2
– 2-3 bijik si Hala/ pengganti asam gelurgur
– sekitar 1 liter air untuk merebus ikan hingga lunak

Baca juga: Cara Memasak Sayur Bangun-bangun

Bumbu dihaluskan:
– 10 bijik bawang merah
– 10 bijik bawang putih
– 3 ruas jari kunyit
– 3 ruas jari jahe
– 3 ruas jari lengkuas muda
– 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja
– 4 buah cabai merah keriting
– 5 buah cabai rawit merah
– 10 bijik kemiri
– 2 sendok makan andaliman bumbu original, cari yang masih segar
– 1 sendok makan garam (tambahkan kalok kurang asin)

Siapkan ikan mas atau ikan mujahir, usahakan untuk menggunakan ikan mas atau mujahir yang masih hidup. Dibagian ni ada yang suka dengan sisiknya dibiarkan ikut masak, jika tidak suka dapat juga dibersihkan. Ambil dan bersihkan isi perut, buang kotoran dan empedu ikan. Lalu cuci ikan hingga bersih. Kalau ikan mas/ mujahir ada telurnya masukkan kembali ke perut ikan yang sudah dibersihkan.

Untuk proses menghilangkan bau amis pada ikan mas atau ikan mujahir Anda dapat melumuri ikan yang sudah dipotong-potong dan dibersihkan tadi dengan perasaan asam dan melumurinya dengan garam. Lalu diamkan untuk beberapa menit atau dapat menyimpannya kedalam kulkas

Masukkan semua bumbu yang akan dihaluskan ke dalam blender. Tambahkan sekitar 500 ml air asam cekala. Proses hingga bumbu halus.

Siapkan wajan yang cukup besar atau sedang lalu susun terlebih dahulu batang serai lalu masukkan ikan tepat di atas senggrai yang sudah disusun sedemikian rupa agar pada saat memasak ikan mas/ ikan mujahirnya tidak gosong.

Lali tuangkan bumbu halus ke dalam kuali yang sudah berisi ikan, lalu beri air secukupnya dan aduk hingga bumbu tadi bercampur dan merata.

Masukkan irisan kecombrang, lengkuas dan bawang Batak ke dalam perut ikan, jejalkan hingga penuh. Lumuri seluruh tubuh ikan dengan bumbu.

Juga tidak lupa masukkan semua bawang batak dan kacang panjang di permukaan kuah. Masaklah dengan api kecil hingga beberapa menit hingga air sedikit berkurang kemudian besarkan api hingga menjadi sedang dan masak hingga kuah menyusut. Sebelum kuahnya menyusut kering tetap pantau rasa garam, jika masih kurang tambahin garam secukupnya.

Jika kuah telah menyusut dan kering, sajikan si arsik ikan mas atau ikan mujahir dengan nasi panas porsinya kalau bisa sampai menggunung. Dan selamat menikmatilah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here