10 Tempat Wisata di Indonesia Terfavorit & Mendunia No 7 Bikin Kalian Bangga

1
328

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Mendunia – Hampir di seluruh belahan negara di dunia bergiat memajukan pariwisata menjadi industri andalan. Bahkan beberapa negara lebih perioritas mengembangkan industri pariwisata sebagai pemasukan terbesar, misalnya negara Selandia Baru. Indonesia, salah satu negara yang memiliki tempat-tempat wisata menarik dengan keindahan yang beragam di setiap pulau-pulaunya. Indonesia dikenal memiliki beragam pemandangan alam yang luar biasa serta ragam suku dan budayanya. Mulai dari tempat wisata alam, ragam kuliner, dan seremoni yang masih tradisional membuat wisatawan terpesona.

Mulai dari Sabang sampai Merauke, Indonesia itu bak hamparan permadani yang kaya dengan keindahan alam yang sangat luar biasa. Mulai dari kekayaan lautnya hingga jejeran pengunungan, Indonesia itu punya semuanya. Bagi Anda yang suka dengan pantai, di Indonesia punya deretan pantai yang tak akan habis-habisnya untuk Anda jajal. Mungkin Anda yang suka mendaki gunung, Indonesia juga punya gunung yang kapan saja bisa anda daki.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia sendiri memiliki kekayaan yang tak pernah habisnya untuk Anda jelajahi. Disini kami akan memaparkan rangkuman 10 rekomendasi tempat wisata di Indonesia untuk daftar jalan-jalan kapan saja Anda inginkan:

1. Pulau Komodo, Flores-NTT

Image Source : Google Maps

Tempat wisata Pulau Komodo pada tahun 1986 ditetap sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Pulau ini menjadi pulau yang wajib dilindungi karena dianggap sebagai daerah habitat binatang komodo. Pada tahun 2011 Pulau Komodo pernah mendapat penghargaan tertinggi dalam deretan tujuh keajaiban alam di dunia atau sering disebut New Seven Wonders of Nature.

Selain itu tempat wisata Pulau Komodo juga memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa. Jika Anda berlibur ke pulau ini banyak hal yang dapat dilakukan antara lain trekking, menyelam dan snorkeling.

Untuk trekking biasanya Anda bersama rombongan akan dipandu. Selama perjalanan Anda akan melihat kelompok binatang komodo yang sedang beristirahat ataupun sedang berburu mangsa. Disamping itu Anda juga akan dibekali dengan sebuah tongkat yang ujung bercabang. Tongkat itu akan berguna sebagai alat pelindung jika sewaktu-waktu binatang komodo menyerang dengan tiba-tiba. Apabila binatang ini penghampiri Anda tidak perlu panik, cukup dengan menekan agian leher komodo dengan menggunakan ujung tongkat yang bercabang tadi, binatang ini diam dan jinak. Untuk itu setiap pengunjung diharapkan tetap mengikuti jalur trekking serta tetap waspada.

Bagi Anda yang senang menyelam dan snorkeling tempat ini menjadi rekomendasi yang tidak kalah krennya dengan tempat lain. Perairan di pulau komodo juga terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, membuat tempat ini adalah tempat yang sangat disukai para penyelam dari luar negeri. Yang membuat tempat ini menjadi unik dan menarik yakni pantainya, ada Pink Beach atau sering disebut dengan Pantai Merah Muda. Karena pantainya berwarna membuat tempat ini sangat menarik bagi wisatawan yang datang berkunjung. Ombak air laut yang berdesir hingga pantai membuat pasir di pantai ini semakin kontras menimbulkan warna merah muda. Dipastikan asal warna merah mudah tersebut berasal dari serpihan koral yang hancur dan bercampur dengan pasir pantai.

2. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat adalah jejeran pulau-pulau yang berada di ujung Papua yang terdiri dari empat pulau utama yakni pulau Waigeo, Salawati, Pulau Misool dan Batanta. Raja Ampat kini menjadi primadona baru bagi wisatawan dimana pulau-pulau ini menjadi salah satu tempat wisata utama di Indonesia yang paling gencar di promosikan.

Image Source: Google Maps

Apalagi tempat ini memiliki kekayaan wisata alam bawah laut yang begitu mempesona. Bagi wisatawan yang datang ke Raja Ampat menjadi wahana baru bagi mereka yang gemar menyelam dan snorkeling. Bahkan menjadi tempat terbaik di dunia. Sampai-sampai sebuah lembaga dunia, The Nature Conservancy, menyatakan hampir 75% biota laut di dunia terdapat juga di perairan Raja Ampat. Wow, suatu kebanggaan luar biasa bukan?! Anda dapat membuktikannya dengan berkunjung ke tempat ini dengan menjelajahi alam bawah lautnya. Sebagai referensi tambahan bahwa di bulan Oktober dan November adalah waktu terbaik untuk menyelam setiap tahunnya.

Anda juga dapat menjelajahi keindahan daratan pulau-pulau di Raja Ampat dengan aktifitas trekking. Dengan dipandu warga setempat, berinteraksi dengan warga setempat mengenal dengan langsung bagaimana kehidupan suku Asmat melalui alat musik tradisional. Dan jangan lupa membawa pulang oleh-oleh dengan membeli suvenir yang langsung dibuat warga setempat sebagai kerajinan tangan warga lokal disana.

3. Bali

Siapa yang tidak mengenal Bali? Bahkan di luar negeri nama Bali lebih terkenal ketimbang Indonesia. Karena hampir seluruh penjuru Bali adalah tempat wisata yang cukup luar biasa mempesonanya, maka cukup sulit untuk memilih tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Image Source: Google Maps

Bali itu memiliki banyak keindahan alam, pantai dan lautnya, pengunungan dan pura-pura yang masih dianggap sakral. Meski dari sekian banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi, tempat wisata yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Kuta, Pantai Seminyak, Pantai Legian, desa Ubud dan Pura Tanah Lot.

Keunikan Pulau Bali juga ada pada budaya, tradisi dan sentuhan spiritual serta bangunan pura & candi-candi di hampir seluruh wilayah pulau dewataa.

4. Toraja, Sulawesi Selatan

Jika Anda pernah mendengar ritual adat memandikan mayat ataupun ritual kematian yang banyak menyembelih kerbau tentu tidak asing lagi bagi telinga Anda. Ya Tana Toraja. Salah satu kabupaten yang terletak di propinsi Sulawesi Selatan ini memiliki keunikan budaya adat istiadat yang masih lestarikan hingga kini.

Karena pesona wilayah dan budaya yang dimiliki Tana Toraja ini membuat gaung keunikan budayanya sampai ke kancah dunia internasional. Masyarakat di Tanah Toraja dikenal sebagai masyarakat yang memiliki kepercayaan adat istiadat dan tardisi ritual yang kuat menjaga tradisi-tradisi nenek moyang.

Upacara adat yang paling terkenal sampai ke penjuru dunia adalah tradisi Ma’nen yakni sebuah tradisi mengenang leluhur dengan cara membersihkan dan menggantikan baju mayat para leluhur masyarakat Tana Toraja. Tradisi ini secara khusus dilakukan oleh masyarakat Baruppu yang tinggal di pedalaman Toraja Utara.

Selain itu ada juga upacara Rambu Solo yang merupakan ritual penguburan khusus bagi orang-orang yang telah meninggal. Serta tempat wisata Desa Kete Kesu. Adalah sebuah kompleks rumah adat Toraja rumah Tongkonan. Tongkonan inilah yang seringkali menjadi tempat penyimpanan sementara bagi jenazah yang telah dibungkus kain sebelum dikuburkan.

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo adalah tempat eksotis bagi Anda pendaki penikmat panorama alam dari ketinggian, bukan? Berstatus Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Bromo memilki keunikan tersendiri karena hamparan pasir lautnya yang memliki luas 5.250 hektar, lebih kurang di ketinggian 2392 diatas permukaan laut.

Anda dapat menikmati padang pasir dan mendaki Gunung Bromo sembari menikmati penampakan matahari terbit. Ya, momen paling dikejar di Gunung Bromo adalah pesona matahari terbit. Sudah banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia hanya untuk menikmati momen saat terbit dan terbenamnya mathari. Membuat pengalaman yang sangat berkesan sepanjang hidup untuk menyaksikan langsung dengan melihat matahari terbit dan terbenam di Gunung Bromo.

Meski tidak sebesar gunun berapi lainnya di Indonesia, Gunung Bromo yang berasal dari kata Brahma – salah satu Dewa ama Hindu, merupakan gunung api yang masih aktif. Gunung Bromo juga menjadi icon wisata andalan Jawa Timur yang memiliki pesona dan keindahan luar biasa.

6. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobuddur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, adalah Candi Budha terbesar di dunia juga salah satu situs warisan dunia UNESCO. Candi yang dibangun pada masa kerajaan Samaratungga dari dinasti Syailendra yang pada waktu itu memerintah daerah Jawa Tengah di abad ke sembilan.

Image Source: Google Maps

Bangunan candi ini terdiri dari 504 arca Budha dengan relief pahatan yang begitu ditel serta susunan blok batu besar dipercaya mulai dibangun sekitar tahun 800-an masehi. Patung relief ada yang mirip dengan gambar manusia yang di anggap mulai sedang bertapa, gambar dewi, raja dan wanita kerajaan serta aneka hewan dan tumbuhan. Arca paling besar terletak persisi ditengah-tengah Candi yakni arca Budha yang sedang duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan sikap tangan memutar roda dharma.

Pada masa-masa meletusnya Gunung Merapi membuat Candi Borobudur terlihat tidak terurus hingga terkesan diterlantarkan. Baru pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa menemukan candi Borobudur dan memerintahkan suatu projek pemugaran secara besar-besaran sebagai penyelamatan situs bersejarah. Hingga saat ini Candi Borobudur dijadikan tempat sejarah keagamaan, setiap harinya tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari penjuru dunia. Setiap tahunnya tepatnya hari Trisuci Waisak, Candi Borobudur adalah tempat berkumpul umat Budha dari seluruh dunia.

7. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba itu memiliki total panjang 100 kilometer lebar 30 kilometer serta kedalaman sampai 505 meter. Danau Toba termasuk dalam daftar danau terdalam didunia nomor 9 setelah danau Matona di Sulawesi Selatan.

Keunikan kedua dari Danau Toba juga sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Sebelum Anda memutuskan berkunjung ke tempat wisata yang ada di Danau Toba sebaiknya Anda mengetahui telebih dahulu lokasi Danau Toba sebagai destinasi wisata provinsi Sumatera Utara berjarak 165 kilometer dari kota Medan.

Letak Lokasi Danau Toba.

Letak Danau Toba sendiri berada di 7 kabupaten yang mengelilinginya. Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tobasa (Toba Samosir), Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo dan Kabupaten Samosir.

Danau ini mempunyai ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer sehingga danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, karena hal inilah danau ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Selain hal tersebut danau ini terkenal akan keindahan yang dimilikinya sehingga sampai saat ini banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba maupun ke Pulau Samosir.

Selain Danau Toba terdapat juga danau-danau di Pulau Samosir seperti Danau Sidihoni, Danau Pearung (Pearung), serta Danau Aek Na Tonang. Pulau Samosir terbesar di wilayah Danau Toba menjadi tempat paling paforit di kunjungi wisatawan. Tempat wisata di Samosir menjadi referensi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Danau Toba.

8. Trio Gili, Lombok

Trio Gili, Lombok adalah tempat wisata yang sangat cocok bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dan sepi apalagi terpencil jauh dari keramaian. Sebab tempat wisata ini menawarkan situasi tenang dan sepi. Trio Gili adalah jajaran tiga pulau yang sangat mempesona yang ada di Lombok. Pulau Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air kini berhasil menarik perhatian wisawatan mancanegara untuk menikmati suasana sepi dan tenang tadi.

Image Source: Google Maps

Pulau Gili Terawang adalah pulau paling besar dari dua pulau lainnya yang kini sudah dilengkapi dengan tempat hiburan berupa kafe dan bar serta restoran. Kegiatan yang ditawarkan memang tidak terlalu banyak, namun untuk kegiatan menyelam sampai snorkeling. Pulau ini memiliki keindahan pantai dan alam bawah lautnya yang menarik.

9. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Pulau Derawan memiliki sejumlah tempat wisata bahari yang mempesona. Termasuk taman bawah laut, Pulau ini menjadi pilihan utama bagi wisatawan baik dari mancanegara khususnya para penyelam kelas dunia.

Pulau Derawan, Pulau Maratau, Pulau Sanglaki dan Pulau Kakaban adalah lokasi yang cukup terkenal sebab daerah ini banyak terdapat swatla langka yang dilindungi yakni penyu hijau dan penyu sisik.

Pulau Derawan termasuk surga tropis yang mempesona terkusus bagi mereka yang senang dengan suasana pantai dan air laut. Hamparan pasir putih, pohon kelapa yang melambai serta beningnya air pantai membuat suasana bak surga berwisata. Kehidpuan bawah laut yang memposana membuat pengalaman wisata Anda menjadi sempurna dengan menyaksikan langsung kehidupan satwa seperti kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, ubur-ubur dan lainnya. Itu sebabnya Pulau Derawan ini dijuluki sebagai tempat selam terbaik di dunia.

10. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Anda tentu masih ingat kan dengan mata uang kertas 5.000 rupiah yang bergambar pesona danau tiga warna? Ya, itulah gambaran dari keindahan Gunung Kelimutu dengan danau tiga warna yang mendunia bahkan pernah diabadikan di lembar mata uang rupiah Indonesia.

Image Source: : Google Maps

Tiga Danau di Gunung Kelimutu terbentuk akibat dari letusan dasyat beberapa puluh tahun silam, dengan karakter warna yang berbeda-beda sunggu mempesona. Gunung Kelimuti tepat berada di sebuah desa Pemo kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur yang terletak di ketinggian 1.639 meter di atas permukaan laut.

Luas danau Kelimutu lebih kurang 1.051.00 meter persegi dengan estimasi volume air 1.292 juta meter kubik dengan ketinggian kawah diantara 120 meter hingga 180 meter. Dari puncak Gunung Kelimutu Anda dapat melihat pesona terindah sekeliling danau ini. Wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri datang menjajal kepuncak gunung ini demi menyaksikan matahari terbit yang cukup menawan.

Dari 10 tempat wisata di Indonesia di atas, tentu masih banyak tempat-tempat wisata lain yang terbaik yang wajib di Anda kunjungi. Tak akan habis dalam seminggu untuk dikunjungi, bukan? ahkir tahun 2017 sudah dekat, apakah Anda sudah tentukan daerah mana yang akan Anda kunjungi nanti? Yang cantik dan mempesona masih banyak di dalam negeri, jauh lebih ok dari daerah wisata di luar negeri. Selamat berlibur kawan.

SHARE
Previous articleHona Libas By Punxgoaran

1 COMMENT

  1. […] Dari 10 tempat wisata di Indonesia di atas, tentu masih banyak tempat-tempat wisata lain yang terbaik yang wajib di Anda kunjungi. Tak akan habis dalam seminggu untuk dikunjungi, bukan? ahkir tahun 2017 sudah dekat, apakah Anda sudah tentukan daerah mana yang akan Anda kunjungi nanti? Yang cantik dan mempesona masih banyak di dalam negeri, jauh lebih ok dari daerah wisata di luar negeri. Selamat berlibur kawan. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here