Visit Huta Yuk! Sidikalang Menuju Pakpak Bharat

1

Program Gobatak untuk Visit Huta 2012 kali ini adalah memilih untuk mengunjungi beberapa daerah yang saling bertetangga. Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo dan Kabupaten Pakpak Bharat adalah daerah peliputan yang belum pernah dikunjungi sebelumnya untuk rangkuman Visit Huta. Seperti biasa program Visit Huta 2012 team Gobatak.com bersama Yetty Aritonang dari Paris-Prancis lebih fokus ke tempat-tempat wisata daerah yang unik dan layak diangkat.

Kabupaten Pakpak Bharat

Visit Huta ke Kabupaten Pakpak Bharat yang dilakukan oleh Gobatak.com sangat singkat, meski kunjungan satu hari tepatnya pada 23 April 2012 lalu cukup mewakili liputan khusus daerah Pakpak Bharat.

Adalah Kecamatan Salak yang merupakan pusat pemerintahan, ibukota Kabupaten Pakpak Bharat yang mimiliki luas wilayah sekitar 245,57 KM2 tersebar enam Kecamatan dengan batas-batas sebagai berikut :
Barat: Kecamatan Pagindar
Timur: Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu dan Kecamatan Siempat Rube
Utara: Kecamatan Pergetteng-Getteng Sengkut, Kecamatan Tinada
Selatan: Kabupaten Humbang Hasundutan

Dibutuhkan waktu lebih kurang 2 jam menuju kota Pakpak Bharat, dengan  rute jalan melewati bukit serta tikungan-tikungan tajam. Disarankan berkonsentrasi dan ekstra hati-hati bila berkendara melewati jalur pebukitan yang kedua sisi jalan adalah tebing dan juram. Kita melihat video liputan Visit Huta 2012 diatas.

Kabupaten Pakpak Bharat terkenal juga sebagai daerah tambang dan hasil bumi yang cukup banyak.  Batuan, mineral dan timah banyak ditemukan di Pakpak Bharat begitu juga dari hasil bumi mulai dari Karet, Kakao, Padi Kelapa Sawit, Kopi, dan tanaman yang tak kalah terkenalnya adalah Nilam dan Gambir.

Objek wisata Pakpak Bharat

Pakpak Bharat sutu kabupaten yang masih muda, memiliki beberapa wisata alam yang potensial di setiap daerah wilayah ditambah dan juga wisata budaya yang melekat pada masyarakat Pakpak Bharat.

Salah satu wisata alam yang terdapat di daerah ini adalah wisata alam air terjun dan wisata peninggalan budaya yakni Mejan, artefak kuno peninggalan suku Pakpak dibeberapa daerah. Dari objek wisata diatas team Gobatak telah mengunjugi tempat-tempat wisata yang ada di daerah Pakpak Bharat. Ikut terus rangkupan program Gobatak Visit Huta 2012.

__________ Sponsor: __________

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here