Sudah Pernah Lihat Ritual Mangalahat Horbo?

3
Ritual Mangalahat Horbo

Mangalahat horbo (sembelih kerbau), ritual ini sering dilaksanakan pada saat-saat tertentu misalnya pada acara “kemenangan” (saat perang), kelahiran raja, pemujaan Sombaon Na Martua Pusuk Buhit, Mangase Taon – Mangalahat Horbo Bius dan sebagainya. Disebagian tempat di tanah Batak ritual Mangalahat Horbo berbeda adatnya, seperti ritual Mangalahat Horbo di Lintong Ni Huta – Humbang Hasundutan.

Ritual Mangalahat HorboTepatnya pada saat acara adat Mauli Bulung orangtua dari Rohana Sihombing beberapa waktu lalu.  Adat penuh yang dilaksanakan dimulai dengan acara ritual Mangalahat Horbo, dimana ritual ini adalah suatu bentuk ucapan terima kasih dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa oleh keluarga besar bahwa umur panjang yang diberikan kepada orangtua mereka bisa mencapai umur 87 tahun. Seluruh keturunan yang ditinggal sudah menikah serta sudah memiliki cucu dan cicit.

Ritual tersebut juga dilaksanakan sebagai ungkapan memanjatkan doa oleh pihak keluarga besar kepada Tuhan agar diberikan kesehatan, sukses dan kemakmuran kepada semua keturunan orangtua tercinta.

Berikut ini video ritual Mangalahat Horbo yang kami (oleh team gobatak.com) sebagai dokumentasi prosesi adat Mangalahat Horbo (sembelih kerbau). Dalam video liputan berikut ini sudah kami sensor terlebih dahulu dimana proses ritual tersebut menunjukkan penyembelihan hewan kerbau. Sangat kami sarankan jika tidak tahan atau tidak tega agar tidak melihat video berikut ini:

Video:

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.