Diduga Beredar Kacang Sihobuk Palsu, Resahkan Pedagang Taput

1
kacang sihobuk tapanuli utara

Tarutung – Siapa yang tidak kenal dengan Kacang Sihobuk. Oleh-oleh khas daerah Tapanuli Utara ini terkenal karena gurih dan renyah kini sudah mulai meresahkan pedagang tempat aslinya yakni Tapanuli Utara.

Diduga Kacang Sihobuk banyak beredar dan dipalsukan oleh sejumlah pedagang dari luar Tapanuli Utara. Dan dapat menjatuhkan citra Kacang Sihobuk jelek karena dapat mengecewakan konsumen. Kacang Sihobuk yang diduga palsu tersebut beredar di Lubuk Pakam dan di daerah lainnya di Sumatera Utara.

Pemerintah daerah oleh Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing sangat menyesalkan pemalsuan merek dagang yang dilakukan sejumlah orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Pihak pemerintah daerah direncanakan akan mengusut lebih jauh lagi dan bila memang terbukti akan menempuh jalur hukum atas pemalsuan merek Kacang Sihobuk. Jelas ini merugikan masyarakat khususnya pedagang kacang sihobuk di daerah Tapanuli Utara.

kacang sihobuk tapanuli utara

Perbuatan memalsukan merek produk atau hak paten adalah tindakan tidak terpuji dan pastinya melanggar hukum, ungkap Torang, dikutip oleh Gobatak dari Koran SIB, Rabu (7/3/2012).

Ditambah lagi permasalahan saat ini yang dihadapi para pedagang adalah kurangnya bahan baku kacang dari daerah tersebut. Bahkan data dari pemerintah daerah Tapanuli Utara menyebutkan bahwa pasokan kacang tanah yang berasal dari daerah tersebut tidak dapat memenuhi pasar. Pasokan kacang tanah harus dipesan dari Aceh.

Masyarakat hampir diseluruh kecamatan dulunya adalah petani kacang tanah, namun kini petani lebih banyak menanam padi. Bupati Tapanuli Utara menyerukan agar mengembangkan budidaya tanaman kacang tanah, sebab propes kedepannya sangat cerah, tambahnya.

Ayo bangkit kembali Kacang Sihobuk, makanan ringan khas kota dingin Tapanuli Utara.

1 COMMENT

  1. Jadi kacang Sihobuk yang asli itu yang seperti apa ? ” kurangnya bahan baku kacang dari daerah tersebut ” kalau bahan baku sudah berkurang sementara produksi kacang Sihobuk harus tetap ada apa salah jika mendatangkan kacang dari luar Tapanuli Utara ? harusnya Pemerintah Tapanuli Utara memberikan penyuluhan atau setidaknya bantuan kepada petani kacang agar tetap semangat dalam menanam kacang jangan cuma nimbun kantong dengan uang korupsi #AntiPemerintahanToluto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.