Cara Memakai Tudung, Topi Kain Wanita Karo

0

Tudung adalah ikat kepala yang biasa digunakan oleh wanita Karo. Ikat kepala atau topi yang dipakai oleh wanita Karo terbuat dari kain karo atau yang sering disebut dengan Uis. Uis atau kain karo banyak sekali motif dan bentuknya. Seiring perkembangan zaman sebutannya pun berbeda-beda dibeberapa daerah di tanah Karo.

Tudung biasa yang tidak  memakai benang emas biasanya dipakai oleh wanita-wanita sehari-hari sebagai penutup kepala di desa. Sementara Tudung yang memiliki corak dan design pembuatannya menggunakan benang emas dipakai oleh wanita sebagai tudung pada upacara-upacara adat dan pesta adat Batak Karo.

Proses pembuatannya Tudung ini memang sangat unik, hingga sekarang tidak semua orang dapat membuat tudung ini. Namun demikian setiap nama kain Uis mempunyai tempat dan arti tersendiri pada sipemakai.

Cara dan metode untuk memasangkan ikat kepala ini pun bermacam-macam. Berikut tata cara atau tutorial sederhana menggunakan ikat kepala untuk wanita (Tudung), yang diperagakan oleh boru Simbolon di Museum Karo Lingga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.