Home Blog Berikut Daftar Pulau Di Danau Toba Patut Diketahui

Berikut Daftar Pulau Di Danau Toba Patut Diketahui

1

Danau Toba ini mempunyai ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer sehingga danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, karena hal inilah danau ini sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Selain hal tersebut danau ini terkenal akan keindahan yang dimilikinya sehingga sampai saat ini banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba maupun ke Pulau Samosir. Jika kita berkunjung ke Danau Toba butuh berhari-hari untuk menjelajahi keindahan Pulau-pulau di Danau Toba. Sebagai informasi uttuk menghemat waktu coba catat dulu daftar pulau-pulau yang hendak Anda jelajahi nantinya di Danau Toba. Berikut daftarnya:

Pulau Samosir
Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis. Pulau ini menyimpan sejuta manikam pariwisata di Sumatera Utara yang sangat layak untuk dikunjungi, berbagai keindahaan alam dan cagar budaya menjadi pengikat bagi masyarakat baik lokal maupun domestik untuk berkunjung.

Pulau Samosir adalah lokasi paling banyak dikunjungi oleh wisatawan sepanjang masa.

Pulau Sibandang
Pulau Sibandang adalah pulau terbesar kedua di Danau Toba setelah Pulau Samosir, letaknya di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Pulau ini dikenal juga sebagai Pulau Mangga karena pulau ini merupakan sentra penghasil buah mangga dari Tapanuli Utara.

Untuk mencapai pulau ini Anda bisa memilih dari 3 jalur yang ada menuju Pulau ini, yaitu dari Pelabuhan Muara atau dari Pelabuhan Balige, atau dari Pelabuhan Nainggolan dengan naik kapal boat. Perjalanan yang ditempuh untuk mencapai Pulau Sibandang dari Kota Balige sekitar dua jam. Namun dari Pelabuhan Muara cukup sepuluh menit saja untuk sampai ke Pulau Sibandang dengan naik kapal boat.

Pulau ini dihuni sekitar 800 kepala keluarga yang terdiri dari empat marga besar yaitu marga Oppusunggu, marga Simare-mare, marga Siregar dan marga Rajagukguk. Jadi suasana disini terasa tenang dan jauh dari hiruk pikuk keramaian. Untuk menjelajahi Pulau Sibandang disarankan pada pagi hari yang cerah.

Pulau Tolping Danau Toba

Pulau Tolping Danau Toba

Pulau Tolping
Pulau ini terletak di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Orang sering juga mengatakan Pulau Tolping sebagai pulau atau Desa Silalahi. Masyarakat di kawasan Danau Toba menyebutkan bahwa danau di daerah Silalahi (Tao Silalahi) merupakan ujung Danau Toba. Pulau ini memang terlihat kecil, namun sangat mengagumkan karena dihubungkan oleh batu-batuan kecil yang tersusun secara rapi oleh alam.

Pulau Tulas
Pulau Tulas secara administratif berada di Kecamatan Sianjurmula-mula, Kabupaten Samosir, Sumut. Pulau kecil ini masih perawan dan belum dihuni manusia.

Jika kita menaiki Pusuk Buhit atau sedang menaiki transportasi air seperti kapal very dan speedboat, pulau ini nampak sangat jelas dengan hamparan warna hijau yang menyelimuti keseluruhan pulaunya.

Pulao Tao
Pulau Tao atau Pulau Malau.
Pulao Tao adalah sebuah pulau yang amat kecil yang terletak sangat dekat dengan pulau Samosir. Pulau Tao yang sering juga disebut sebagai Pulau Malau, terletak di Kecamatan Simanindo, jaraknya kira-kira 10 menit dengan kapal dari Kota Simanindo di Pulau Samosir.

Kota Simanindo sendiri terletak dipertengahan antara Pangururan dengan Tomok. Terdapat pula sebuah restoran di pulau ini yang disyalir satu-satunya bangunan disepanjang kawasan pulau Tao yang panjangnya hanya sekitar 1 kilometer ini.

Dulu sempat ada penginapan, namun sayang karena sepi pengunjung menyebabkan hotel ini ditutup. Menikmati pulau Tao cukup menarik, selain tempatnya yang jauh dari hiruk pikuk manusia, Anda juga dapat memandangi kontur gunung bukit barisan yang terlihat sangat jelas dari pulau ini.

Pulau Simamora
Pulau Simamora secara administratif berada di Tipang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Berdasarkan survey toponim tahun 2006, topografi pulau ini secara umum berupa pantai berbatu dengan daratan berbukit dengan vegetasi yang didominasi oleh rerumputan dan tumbuhan lainnya. Pulau ini merupakan pulau yang belum berpenduduk.

Pulau Sitakke-takke
Sama seperti Pulau Simamora, Pulau Sitakke-takke ini juga berada di Kecamamatan Baktiraja, Kecamatan Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Pulau Sirukkungon
Pulau Sirukkungon adalah sebuah pulau di Danau Toba, dekat Tuktuk Gulungan dan Sibatu Loting. Suhu rata-rata tahunan di lingkungan ini adalah 18 ° C.

Visit Huta 2011

1 COMMENT

Leave a Reply