Begini Jadinya Kalau Penggemar Musik Gondang Batak Beraksi

1
penggemar musik gondang batak
penggemar musik gondang batak

Hampir setiap kegiatan adat Batak diiringi musik Batak, baik dalam acara suka maupun duka. Untuk memulai tortor pada acara adat Batak selalu terlebih dahulu meminta kepada Pargonsi (grup musik) atau yang sering disebut “maminta gondang”.

Orang Batak kalau sudah dengar musik gondang Batak pasti menggerakkan bagian tubuh tertentu seperti kaki, bahu, bahkan tangan mengikuti irama musik gondang. Namun berbeda dengan abang yang satu ini. Dia bahkan mengikuti pemain musik tiup jenis seksephone. Seakan-akan memainkan musik dalam grup musik dengan mengikuti gerak pemain seksephone penuh penghayatan.

Meski menarik perhatian orang-orang disikitar, penampilannya tidak mengganggu jalannya acara khususnya bagi para pemain musik gondang Batak saat itu. Biasanya dia akan hadir pada acara-acara tertentu misalnya pada acara adat duka cita di daerah Pematang Siantar.

Video:

Gondang Batak kini sudah dikolaborasi dengan beberapa jenis alat musik moderen. Permaduan musik tradisonal dengan alat musik moderen misalnya, keyboard, drum dan musik tiup lainnya lebih populer dimainkan saat acara adat Batak di beberapa daerah.

penggemar musik gondang batak
penggemar musik gondang batak

 

Musik Gondang Batak lengkap asli terdiri dari garantung, hacapi, sarune, tagading, sulim, gong besar dan kecil dan lainnya sudah sangat jarang dipertunjukkan dikarenakan beberapa faktor. Misalnya sekarang di pesta atau upacara seolah-olah musik grup keyboard yang main poco-poco lebih laris dan dihargai daripada dengan musik gondang yang lama punya peran yang sangat penting dalam upacara adat. Pesta kawin yang moderen tidak lagi dianggap lengkap tanpa musik keyboard atau musik tiup yang main lagu pop batak atau pop barat.

Ayo gabung di fans page Facebook nya gobatak Klik Disini, sambil minum Kopi Luwak Lintong yang asli dari tanah Batak Order Disini | Silahkan membuat tautan balik (backlink) situs ini (http://www.gobatak.com) pada website atau blog pribadi anda – untuk memasang iklan di situs gobatak, silahkan email kami di alamat ini: parhobas@gobatak.com | Mauliate. Horas

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.