PDT 2010 Hari kedua – Ada yang unik di Festival Gondang

0

Parapat (21/10) – Setelah festival Tari Daerah, sekitar pukul 16.00 wib sore tadi dilanjutkan dengan Festival Gondang. Namun ada yang unik dalam festifal ini, Festival Gondang hari ini hanya di ikuti 2 peserta saja. Besok (22/10) masih di lanjutkan dengan peserta lainnya. Bukan itu saja yang unik, persembahan salah satu peserta menampilkan kolaborasi Gondang Modern. Ini dia pesertanya:

Sponsor:
Liputan khusus Pesta Danau Toba 2010 disupport oleh Novel Bunga-Bunga Paris Jakarta, Yetty Aritonang.
Semoga dengan liputan khusus Pesta Danau Toba 2010 ini, kita turut serta memeriahkan dan menyemarakan Pesta Akbar di Tanah Batak, meskipun sebegian besar dari antara kita tidak dapat menghadiri langsung acara tersebut.

Peserta I
Peserta dengan nomor urut 1 menampilkan Gondang Simalungun dengan 4 lagu yang mereka bawakan dalam festival ini. Mereka terdiri dari 6 orang yakni, Jakuat Purba, Riduan Purba, Rosul Damanik, Kennedi Purba, Riski Saragih, dan Polta Purba. Gondang yang ditampilkan adalah;

Gondang Sayur Matua-memohon kepada Tuhan agar Raja/ Pemimpin dengan rakyat diberi usia yang panjang.
Imbon Manimbung-mencari nafkah hidup sehari-hari.
SabungSabung Anduhur-Sebagai ucapan syukur kepada arwah pendahulu (Tuhan).
Parahot-Peneguhan hati agar apa yang diharapkan tetap hot (abadi/kekal).

Peserta II
Thema mereka adalah “Semangat… Semangat… Semangat….Diantara tradisi ada modern, Diantara modern ada tradisi, Diantara keduanya ada semangat yang menggebu-gebu’. Personil perserta ini adalah anak muda yang penuh jiwa seni, dimana mereka mencoba mengkolaborasi alat pukul modern dan tradisonal. Mereka adalah Heber Marin Pasaribu, Zumaidi, dan Jai.

Previous articlePDT 2010 Hari kedua – Festival Tari Daerah
Next articleMarsada tampil di Pesta Danau Toba