Membuat Sambal Rias Resep Makanan Khas Batak

1

Salah satu resep makanan khas batak yang paling penting rahasianya ada di sambalnya. Tanpa bumbu sambal semua jenis makanan khas batak itu bisa dikatakan lauk biasa. Tanpa sambal semua jenis masakan berbahan daging dan ikan menjadi biasa.

Diantara sambal yang paling populer adalah sambal rias. Mau lauk daging atau ikan pasti terasa mantap dilidah dengan tamburan sambal rias. Iya kan, mendengar sambal rias saja bisa membuat ngences kan.

Kalau sudah kena dengan sambal rias ini dijamin akan ketagihan apalagi rasa pedas getirnya bumbu khas batak andaliman, niat mau nambah itu pasti ada. Oklah mari kita coba membuat sambal rias si resep makanan khas batak yang menggugah selera ini.

Bahan-bahan nya 5 batang rias (batang kecombrang), 20 cabe rawit (tergantung selera pedas aja yah), beberapa bawang merah dan bawang putih, Andaliman secukupnya, 5-6 butir kemiri utuh, Garam secukupnya.

Langkah” Rebus rias dan cabe hingga layu. Usahakan menghaluskan bahan (rias,cabe) dengan ulekan(cobek) agar cita rasa tidak berubah. Setelah halus, ulek kembali bersama kemiri dan andaliman sampai halus. Dan jangan lupa beri garam saat mengulek. Samball ini sangat cocok menjadi cocolan ikan lele goreng, ayam bakar dll.

Selamat mencoba, dan selamat menikmati.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here