Bahasa Batak Apa Kabar

0

Bahasa Batak Apa Kabar – Ucapan Apa Kabar adalah kalimat yang sering sekali digunakan disaat bertemu dengan teman, keluarga, atau orang lain. Mengajukan pertanyaan Apa Kabar kepada lawan bicara menjadi awal percakapan terhadap lawan bicara.

Bagi Anda yang sedang mempelajari bahasa batak, pertanyaan ini sangatlah cocok untuk mengawali pembicaraan dengan bahasa batak. Biasanya kata “Apa Kabar” selalu diucapkan kepada lawan bicara sebagai teman, keluarga atau orang lain yang sudah kita kenal terlebih dahulu.

Bahasa Batak untuk kata “Apa Kabar” memiliki dua kata dasar yakni “Apa” dan “Kabar”. Untuk terjemahan kedalam bahasa batak sendiri untuk kata “apa” memiliki beberapa kata yang berbeda namun memiliki arti yang sama, yakni “Boha“, “Aha” dan “Beha“. Sementara untuk kata “Bagaimana” dalam bahasa batak dapat diartikan dengan kata “Songon dia“. Dan untuk kata “kabar” adalah “Barita

Berikut beberapa contoh percakapan bahasa batak menggunakan kata-kata diatas untuk topil “Apa Kabar” dalam kehidupan sehari-hari

Baca JugaLirik Lagu Batak Dang Penghianat Au

******
Horas Pariban, boha do barita ni Tulang di huta tahe? Hubege laho ro nasida tu Medan on?
(Horas Pariban, apa kabar Tulang di kampung, aku dengar mereka mau datang ke medan ini yah?)

******
Songon dia baritam hasian, ai lam bagak do ho bah hasian dung na karejo i ho ate?
(Bagaimana kabarmu sayang, makin cantik saja kau sayang semenjak sudah kerja itu?)

******
Ai na boha do poang siampunanhon ai tolu taon na mangarantaoi laos so adong tona naung boha do baritna ate? Nunga malungun ahu poang.
(Bagaimana ini anak paling kecilku ini ya sudah tiga tahun pergi merantau tidak ada kabar berita bagaimana kabarnya ya? Sudah rindu kali aku bah)

******
Horas ma di hita amang inang, boha kabarnta? Anggiatma barita nauli dapotnta di ingananon ate anggiat hipas-hipas hita ganup marsada sada.
(Horas bapak ibu, bagaimana kabarnya? Semoga berita baik ya kita dapatkan di tempat ini semoga kita sehat-sehat satu persatu)

Kamus Bahasa Batak diatas:

Boha, Aha, Beha = Apa
Songon dia = Bagaimana
Tulang = Paman
Nasida = Mereka
(Hu)Bege = dengar/ ku dengar
Barita = kabar, berita
laho = mahu, hendak
ro = datang
songon = seperti, mirip
lam = makin/ semakin
bagak = cantik
hasian = sayang
dung(i) = sejak/ semenjak/ setelah
karejo = kerja
ate? = benarkah?/ iyakah?
siampunan = anak paling kecil/ bungsu
tolu = tiga
tona = pesan
(ma)lungun = rindu/ merindu
ahu = aku/ saya
hipas = sehat/ melahirkan
ganup = semua
anggiat = semoga, hendak(nya)
inganan = tempat/ rumah, lapangan
na(uli) = terbaik, cantik, paling cantik,
dapot = dapat
amang = bapak
inang = ibu

Demikian tips singkat untuk topik belajar bahasa Batak (Toba) dengan topik “Apa Kabar“. Tutorial belajar Bahasa Batak (Toba) ini dibuat semata-mata untuk mengingatkan kembali bahasa daerah (bahasa batak toba) agar dapat dipelajari bagi Anda yang ingin mempelajari Bahasa Batak (Toba).

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lengkap selain materi diatas, silahkan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar. Kami akan berusaha menyampaikan jawaban kami dalam waktu dekat pada tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here