2 WN Jerman Ikut Arungi Danau Toba Dukung Pendirian Sopo Belajar

1

Dukungan pendirian Sopo Belajar di Samosir juga mendapat perhatian non warga asing. Keikutansertaan dua warga negara Jerman, Annette Horschmann dan Thomas Heinle patut menjadi kebanggaan bagi suku Batak khususnya warga Samosir terlebih untuk anak-anak Samsosir.

Annette Horschmann yang sejak awal start dari Pantai Bebas Parapat (Sabtu, 21 Juli 2012), Parapat terus memimpin pada urutan pertama hingga berahkir di garis finish di pantai Toledo Inn. Jarak tempuh lebih kurang 9 km Annette Horschmann lebih unggul dari peserta lainnya, hanya hitungan 4,5 jam menyelesaikan misi arungi Danau Toba.

Iyalah, kegiatan ini patut didukung apalagi untuk pendirian sopo belajar untuk anak-anak di Samosir, tutur Annette Horschmann. Sejak mengetahui kegiatan ini dari Togu Simorangkir sebagai pengurus Yayasan Alusi Tao Toba, sudah memastikan ikut dalam aksi ini. Tidak cuma itu, Annette Horschmann yang juga pemerhati lingkungan khusus kawasan Danau Toba ini mengundang Thomas Heinle yang berwarga negara Jerman.

Thomas Heinle (49) pada kesempatan itu juga memperkenalkan Solu Solar. Solu Solar adalah julukan pada kapal kecil yang dirakit sendiri oleh Thomas Heinle dengan konsep green (ramah lingkungan). Solu bertenaga surya yang juga diikutsertakan menjadi pengiring peserta adalah satu-satunya solu yang ada di Danau Toba yang menggunakan konsep tenaga surya.

Thomas Heinle juga mengajak agar beralih ke energi alternatif menggunakan tenaga surya, selain hemat energi solu juga tidak berisik tambah Thomas tersenyum.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.