Ungut Ungut Seni Vokal Tradisional Tapanuli Selatan

2

Ungut Ungut Seni Vokal Tradisional Tapanuli Selatan – Ungut-ungut adalah seni vokal tradisional dari Mandailing. Ungut Ungut biasanya sering diungkapkan dengan kesedihan. Tapanuli Selatan dan Mandailing adalah salah satu daerah yang sering melantunkan ungut-ungut pada acara adat, margondang, atau untuk kesenangan pribadi sekalipun.

Pesan seni ungut ungut cenderung sekali untuk menyeimbangkan emosi parungut-ungutnya dengan cara mengeluarkan segala unek-unek yang ada dalam pikirannya/kehidupannya. Ungut ungut dapat dilaksanakan dengan menggunakan alat musik atau tidak. Untuk malat musik yang mengiringi ungut ungut dipatokan kepada satu alat musik saja, apa saja yang tersedia mengiringi ungut-ungut. Seperti dengan  bersiul, suling, pinggan atau piring, ole-ole, takar dll.

Ungut-ungut biasa memiliki teks atau syair berbahasa Mandailing yang pada umumnya berisikan suatu keluh-kesah atau ungkapan perasaan bisa tentang cinta atau pun cerita kehidupan. Ungut ungut merupakan seni vokal yang merupakan bagian dari budaya batak itu, khususnya untuk wilayah angkola Mandailing dan sekitarnya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.