Agoaga! Batak Dan Toba Jadi Merek Produk Asing

1
Batak Toba Merek Produk
Batak & Toba Merek Produk (ilustrasi)

Kata “Batak” dan “Toba” sudah tidak asing lagi bagi kita bukan. Tapi apa jadinya kata diatas diakusisi pihak lain menjadi nama merek produk? Bah kok bisa?! Produk-produk itupun sudah memiliki merek dagang (trade mark), uniknya produk-produk ini hanya ada di luar negeri, jenis produknyapun agak unik.

Tentunya bukan produk-produk asli dari Tanah Batak, misalnya kacang sihobuk dari Tarutung, Ombusombus dari Siborong-borong, ataupun Dolung-dolung khas Parapat.

Gobatak.com dari penelusuran melalui mesin pencari (google) melakukan sedikit riset untuk kata kunci diatas, yakni “Batak” & “Toba“. Agoaga, sangat mengejutkan, kedua kata tersebut merujuk kepada link tertentu dan menduduki peringkat pertama. Kalau lebih ditelusuri, situs tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan yang kita sering bicarakan mengenai kesukuan Batak Toba, Simalungun, Karo, Mandailing & Pakpakpak.

Ini dia hasil riset yang kami lakukan tentang kata “Batak” & “Toba”, dan apa saja produk-produk mereka.

Kata Batak

Jika kita melakukan pencarian melalui mesin pencari dalam hal ini adalah Google, maka akan kita temui situs pada urutan pertama. Situs tersebut dibuat untuk memperkenalkan produk yang diberi nama dagangnya adalah “Batak”.

Entah apa yang mendasari perusahaan asal United Kingdom (UK) tersebut membuat nama produknya Batak. Pada kolom About Us, mereka menyebutkan bahwa: “Quotronics didirikan pada tahun 1990 dan telah disampaikan secara konsisten kelas dunia perangkat keras, perangkat lunak dan solusi konsultasi. Quotronics telah membentuk diri di pasar internasional dan Pelatihan Olahraga Kenyamanan dan sekarang memperluas jangkauan layanan mereka untuk memasukkan produk yang ditargetkan pada industri berkembang pesat Pelatihan Kinerja Manusia.”

BATAK Pro adalah sebuah peralatan yang dirancang untuk meningkatkan reaksi, koordinasi tangan mata dan daya tahan dengan membiarkan olahragawan dan perempuan untuk melatih dalam kondisi simulasi “seperti olahraga,” sementara juga menyediakan unsur menyenangkan dan kompetisi yang sering kurang dalam pelatihan.

Ayo gabung di fans page Facebook nya gobatak Klik Disini, sambil minum Kopi Luwak Lintong yang asli dari tanah Batak Order Disini

Kata Toba

Berbeda dengan kata Toba dari hasil riset yang kami lakukan. Mereka membuat merek dagang untuk partisi sepeda yakni “Toba“. Lucunya lagi situs mereka tobaPeople, dimana isinyapun tidak ada hubungannya dengan unsur budaya Batak Toba yang kita ketahui itu.

Perusahaan yang berada di Canada ini hanya memiliki 3 jenis produk saja dan semuanya bermerek Toba.

Batak Toba Merek Produk
Batak & Toba Merek Produk (ilustrasi)

 

Hasil riset dua kata diatas menunjukkan hasil yang sangat menonjol tertutupi oleh produk-produk aneh tetang keinganan-tahuan kita melakukan pencarian atas informasi mengenai kesukuan khususnya BATAK. Mungkin kata-kata atau istilah Batak lainnya yang seharusnya sepadan dengan isi materi diambil pihak lain dengan tujuan produk brand? Agoaga!

Silahkan membuat tautan balik (backlink) situs ini (http://www.gobatak.com) pada website atau blog anda – untuk memasang iklan di situs gobatak, silahkan email kami di alamat ini: parhobas@gobatak.com | Mauliate. Horas

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.