Home Breaking News Panangkohan: Marmahan Hoda & Horbo Bersama Op. Dolff Martino Turnip

Panangkohan: Marmahan Hoda & Horbo Bersama Op. Dolff Martino Turnip

Udara yang sejuk pagi hari di Huta Panangkohan, saat yang tepat untuk mengembalakan (marmahan) ternak. Rencana malam itu, kita (team gobatak.com) bersama Op. Dolff Martino Turnip akan marmahan ternaknya. Sekitar duapuluh ekor kerbau dan kuda siap dilepas dilahan yang luas dipuncak Pulau Samosir. Pagi itu rencananya kita akan menunggangi si Ganding seorang kuda yang jinak untuk mengarahkan kerbau-kerbau memakan rerumputan, namun karena tidak ada persiapan sebelumnya Op. Dolff Martino Turnip mengarahkan kudanya ke lokasi dekat genangan air untuk dimandikan.

Video:

Marmahan kerbau dan kuda adalah aktifitas sehari-hari dari Op. Dolff Martino Turnip yang temani seorang cucunya yang masih duduk dibangku sekolah tingkat pertama (SMP) yang selalu setia menemani oppung ini. Huta Panangkohan adalah huta paling ujung yang dapat kita jumpai, disebut Panangkohan karena dari arah manapun datang menuju daerah itu pastilah harus manakkohi (menanjak).

Kedatangan team Gobatak kali ini di Huta Panangkohan sekitar tanggal 14 Januari 2011 lalu adalah misi Visit Huta atas rekomendasi seorang pembaca (fans) gobatak.com …… berbagi informasi seputar keindahan dan keunikan yang ada di huta tersebut.

Visit Huta 2011

Comments Closed