Menapakkan Kaki Di Dolok Na Timbo Pusuk Buhit

4

Pusuk Buhit adalah tempat dimana Raja Batak ada dan berdoa di tempat paling tinggi, diantara gunung yang menggelilingi Pulau Samosir. Yang dipercaya bahwa tempat tertinggi inilah mula suku Batak. Tidak asing lagi bagi kita pada umumnya mempercayai dan pasti mengetahui cerita atau sejarah Pusuk Buhit. Gunung ini memiliki daya mistis yang sangat besar.
Berikut ini adalah liputan perjalanan kami team gobatak.com (18/02/11), Yetty Aritonang, Novel Simbolon, Namboru Tiurma Situmorang (Owner Vanesha Hotel) menapakkan kaki untuk pertama sekali di Dolok Na Timbo Pusuk Buhit (Kedua kali buat Namboru Tiurma Situmorang). Sebelum perjalan ke Pusuk Buhit kita sudah terlebih dahulu berjiarah ke Lokasi Batu Cawan Pusuk Buhit, yang airnya mempunyai rasa serta aromanya seperti jeruk purut (ASLI memang Benar).

Dipandu oleh A. Dapot Limbong bersama crew lainnya meneruskan tapak tilas menuju puncak tertinggi gunung vulcanis di Kabupaten Samosir. Setidaknya butuh lebih kurang 4-6 jam waktu yang diperlukan jika kita menempuhnya dengan berjalan kaki. Siang itu, saat itu juga diputuskan kita menggunakan kenderaan khsusus untuk menempuh perjalana lebih kurang 2 jam sampai di puncak Pusuk Buhit.

Tidak ada perbelakan khusus yang dipersiapkan truk pun melaju menyusuri jalan sempit, tikungan terjal. Sembari menikmati panorama indahnya Pulau Samosir dan sekitarnya tak terasa tingkungan demi tingkungan terlewati dengan waswas. Jika si pengemudi tidak ahli, sisi demi sisi adalah curam terjal. Meskipun kekuatiran ada, dengan tekad dan penuh keyakinan akhirnya kamipun menapakkan kaki di puncak gunung Pusuk Buhit 1982 meter diatas permukaan laut.

Udara dingin dan berkabut, terlihat 3 bendera berkibar. Dimana ditempat inilah diyakini Raja Batak memanjatkan doanya kepada Oppung Mula Jadi Na Bolon. Hampir sama seperti ritual doa di Batu Cawan, ditempat ini juga atas panduan A. Dapot Limbong untuk berdoa.

Sungguh suatu pengalaman yang berharga mendengar, melihat dan sudah pernah menginjakkan kaki di Dolon Na Timbo Pusuk Buhit tentang sejarah Raja Batak bermula di puncak Pusuk Buhit.

Video:

 

Foto Gallery:

4 COMMENTS

  1. BELUM SEMPURNA RASANYA MENJADI ORANG BATAK SEBELUM MEMIJAKKAN KAKINYA DIPUSUK BUHIT,JIKA ANDA ORANG BATAK RASAKAN SENDIRI GIMANA RASANYA JIKA SUDAH MEMIJAKKAN KAKINYA DI PUSUK BUHIT,ADA AURA YG ANDA RASAKAN DAN TAK DAPAT DIKISAHKAN DGN KATA HANYA TONDI YG DAPAT MERASAKANNYA,SELAMAT ZIARAH KE PUSUK BUHIT……..

  2. Akhirnya kami menanjakkan kaki juga di pusuk buhit, tgl 30 agustus 2013… rencana akan kembali lg kesana… banyak keajaiban yg kami temui disana… salah satu tempat yg sgt berkesan dr semua tempat yg saya jalani…

Comments are closed.