Home Breaking News Goa Siraja Batak: Parau Sihumonong Pusuk Buhit

Goa Siraja Batak: Parau Sihumonong Pusuk Buhit

0 11,256 views

Pusuk Buhit adalah sebutan dolok na timbo (puncak tertinggi) yang konon sejarahnya adalah tempat Si Raja Batak berasal. Ditempat ini terdapat goa tanah serta pohon berlubang yang dipercaya adalah tempat Si Raja Batak tinggal sebelum turun ke Huta Sianjur Mula-mula. Masih seputar liputan khusus kami di Pusuk Buhit bersama Yetty Aritonang, Novel Simbolon, dan Tiurma Situmorang (Owner Vanesha Hotel) menelusuri Pusuk Buhit yang di pandu oleh Ama Dapot Limbong tanggal 18 Februari 2011 lalu.
Setelah kami turun dari puncak dimana disanalah tempat Raja Batak memanjatkan doa kepada Oppung Mula Jadi Nabolon, tidak jauh dari tempat itu kami dipandu menuju sebuah goa tanah disampingnya terdapat sebuah pohon berlubang. Menurut keterangan dari Ama Dapot Limbong, umur goa tanah tersebut sama dengan pohon berlubang disampingnya.

Disinilah tempat SiRaja Batak tinggal sementara sebelum dia turun ke kaki bukit Pusuk Buhit waktu itu. Sayangnya kami tidak memiliki bahan informasi lengkap mengenai keberadaan tempat ini dikarenakan waktu dan cuaca yang pada saat itu sudah hampir menjelang malam. Video berikut ini menggambarkan suasana tempat Goa Siraja Batak, Parau Sihumonong Pusuk Buhit yang dapat kita saksikan dalam liputan khusus kami menelusuri Pusuk Buhit beberapa waktu lalu.

Video:

 

Foto Gallery:

Kaos Polos Murah Siantar