Wisata Alam Air Terjun Pelangi Indah Deli Serdang

0

Berwisata saat akhir pekan maupun saat hari libur memang sangat menyenangkan. Apa lagi berwisata ke tempat yang alami tentu memberikan kesan yang mendalam dalam ingatan kita. Udara yang segar, pemandangan yang indah tentu bisa menjadi pengobat pikiran saat badan lelah atas pekerjaan dan juga rutinitas sehari hari. Bicara tentang liburan yang asyik, Sumatera Utara tentu mempunya cerita. Salah satu daerah di Sumatera Utara tepatnya Kabupaten Deli Serdang, memiliki sebuah objek wisata air terjun yang indah namun kurang begitu terkenal. Namanya adalah Air Terjun Pelangi Indah Deli Serdang.

Source Image: Google Map

Air Terjun Pelangi berada di Desa Tanjung Timur, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kalian dapat mengunjungin Air Terjun Pelangi ini setiap harinya mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Diresmikan oleh dinas pariwisata pada bulan Oktober tahun 2012. Keunikan Air Terjun Pelangi ini adalah adanya kehadiran pelangi yang muncul di saat matahari terbit dan air terjun yang bertingkat. Cahaya matahari terbit tersebut akan terpantul di depan curahan air terjun, menyapu hingga ke tebing-tebing tinggi sekitar 15 meter di sekeliling air terjun, dan akan memunculkan pendaran warna pelangi yang terlihat. Keberadaan pelangi inilah yang menjadi asal-usul nama air terjun ini. Untuk menyaksikan keunikan ini, kalian harus tiba di air terjun sebelum jam 7 pagi dan cuaca harus cerah. Walaupun masih kalah terkenal dengan Air Terjun Sipiso Piso, nyatanya Air Terjun Pelangi juga memiliki keindahan yang tak kalah dari air terjun air terjun ternama yang ada di Sumatera Utara. Bisa dibilang Air Terjun Pelangi Indah ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk rekreasi dan liburan bersama keluarga dan teman teman. Lokasinya yang cukup terpencil serta akses menuju kesana harus melalui jalan yang cukup rusak dan berbatu batu. Mungkin kedua hal ini yang paling mempengaruhi mengapa Air Terjun Pelangi Indah ini kurang begitu terkenal di Sumatera Utara. Namun, jika benar benar kesana, rasa lelah selama di perjalanan akan terbayarkan dengan suguhan sebuah panorama air terjun nan indah.

Source Image: Google Map

Jika kalian dari Kota Medan hendak menuju ke lokasi Air Terjun Pelangi Indah ini, kalian akan menempuh lama perjalanan kurang lebih 2,5 jam tergantung kondisi lalu lintas. Sebelum sampai ke lokasi Air Terjun Pelangi Indah, kalian akan melewati sebuah objek wisata lainnya yaitu Danau Linting. Perlu kalian ketahui, Danau Linting juga memiliki panorama alam yang indah dan juga cerita mistis dibaliknya. Selama di perjalanan menuju lokasi air tejun, pemandangan pohon karet, sawit dan koka akan menemanin perjalanan kalia. Untuk biaya tiket masuk ke lokasi Air Terjun Pelangi Indah masih digratiskan. Kalian hanya perlu membayar uang parkir sebesar 2.000 rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 5.000 rupiah untuk kendaraan roda 4. Dari lokasi parkir, kalian harus menuruni ratusan anak tangga. Tenang saja, anak tangganya sudah aman karena terbuat dari semen. Hanya saja akan terasa agak licin ketika selesai diguyur air hujan. Sebelum sampai ke air terjun, kalian akan melihat banyak sekali batu batu dengan ukuran yang besar dengan berbagai corak yang terbentuk secara alami. Jangan lupa untuk mengabadikan moment berfoto bersama batu raksasa ini ya.

Sesampainya di air terjun seketika penat kalian akan hilang melihat keindahan Air Terjun Pelangi Indah ini. Rasanya ingin sekali langsung berenang di kolam pemandian disini. Selain berenang, kalian bisa menikmati makanan dan minuman kalian di pinggiran air terjun. Tentu terasa sangat spesial bukan, apa lagi dinikmati bersama teman teman. Bagi kalian yang tidak membawa makanan dan minuman bisa juga membeli makanan dan minuman yang ada disini. Tapi ingat, jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan ya.

Untuk fasilitas lainnya yang ada di Air Terjun Pelangi Indah selain area parkir dan warung makanan, terdapat juga mushola dan juga kamar ganti pakaian. Namun, kondisi keduanya buruk dan tidak layak untuk digunakan. Semoga kedepannya ada pembenahan yang signifikan. Kekurangan lainnya yaitu air terjun menjadi keruh jika selesai diguyur oleh air hujan. Oia, tak jauh dari lokasi Air Terjun Pelangi Indah, kalian bisa mengunjungi jembatan gantung terpanjang di Sumatera Utara yang menghubungkan Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Simalungun yaitu Jembatan Lau Hulung atau masyarakat setempat menyebutnya Titi Gantung STM Hulu. Jembatan Lau Hulung ini memiliki panjang 160 meter. Jika kalian melihat ke bawah jembatan, kalian akan melihat jurang yang dalam dan juga aliran sungai yang indah. Namun sayang, jembatan ini sudah tak digunakan lagi karena sudah tua, dan pastinya sangat berbahaya jika di lewati. Tetapi oleh pemerintah setempat, sudah dibangun jembatan baru di sebelah jembatan yang lama.

Sekian dulu pembahasan kita mengenai Air Terjun Pelangi Indah ya. Di kesempatan berikutnya, kita akan mengupas surga surga tersembunyi lainnya di Sumatera Utara. Gas kan lah !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here