Home Breaking News Tuak Mallotop – Wine Ala Batak

Tuak Mallotop – Wine Ala Batak

Visit Huta – Tuak Mallotop, ya nama yang unik untuk sebutan tuak ini. Awalnya dari nama ini kita tentunya penarasan ada apan dengan tuak yang satu ini. Lapo KIKI, disinilah kita bisa jumpai tuak yang Mallotop tersebut. Kiki Oppusunggu itulah pemilik lapo tuak ini yang terletak di Jl Bahkora II Marihat I Pematangsiantar. Usaha Tuak Mallotop ini sudah dimulai sejak tahun 1997.

Adapun proses pembuatan Tuak Mallotop cukuplah lama, 2 hari lamanya ditanam di dalam tanah yang sudah diresep sedemikian rupa didalam kemasan botol plastik, dan bisa diminum pada hari ketiga. Tuak mamlotop inipun berasal tuak Bagot dengan campuran rahasia demikian tutur pemilik lapo tuak ini. Nama Tuak Mallotop inipun justru datang dari tamu atau pengunjung dimana saat botol tuak ini dibuka akan mengeluarkan gas dengan tekanan yang lumayan besar.

Haruslah berlahan-lahan untuk membuka botolnya jika tidak semburan tuak dalam botol tersebut akan membuat kita basa disekitarnya. Ingin mencicipi Tuak Mallotop ini datanglah ketempat yang disebut diatas, harga yang ditawarkanpun relatif murah Rp. 8000,- per botolnya untuk 5 gelas.

Pada kesempatan team Gobatak bersama Wanson Sinaga, Ferry Sitompul dan kawan-kawan juga berkunjung untuk menikmati Tuak Mallotop tersebut. Menurut pemilik Lapo Tuak ini sudah banyak peminat tuak ini datang berkunjung dan minum seperti dari daerah Kalimantan, Jakarta, Balige, Siborongborong dan Pematangsiantar pada umumnya. (ps)

Visit Huta 2011

Comments Closed