Trend Gaun Berbahan Ulos Batak Kini Mendunia

3

Ulos atau sering juga disebut kain ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak di Sumatera Utara. Dari bahasa asalnya ulos berarti kain.

Kain tradisional Batak, ulos kini tidak hanya menjadi perlengkapan upacara adat semata lagi. Kain ulos yang khas dari Sumatera Utara ini kini sudah dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, baik itu untuk acara resmi ataupun acara lainnya.

Tidak hanya sebatas hasil kerajinan seni budaya saja, kain Ulos batak pun sarat dengan arti dan makna. Sebagian besar masyarakat Batak menganggap kain tenun Ulos adalah suatu lambang ikatan kasih sayang, lambang kedudukan, dan lambang komunikasi dalam masyarakat adat Batak.

Tentu saja tiap-tiap kain tenun Ulos yang dihasilkan baik ditenun tangan ataupun ditenun bukan mesin ternyata memiliki arti dan makna tersendiri, baik bagi pemilik ataupun bagi orang yang menerimanya. Misalnya saja ULOS RAGIDUP.

Motif Ulos Ragidup ini harus terlihat seperti benar-benar lukisan hidup. Karenanya, ulos jenis ini sering diartikan sebagai ulos yang melambangkan kehidupan dan doa restu untuk kebahagian dalam kehidupan.

Gaun Berbahan Ulos Batak

Dengan perkembangan mode yang semakin modern, kini Anda dapat bisa menjadikan kain ulos batak untuk busana fashion sebagai salah satu pilihan material utama dalam fashion sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan penampilan menggunakan busana Gaun/Kain Berbahan Ulos Batak dapat membuat anda tampak anggun/ cantik dan gagah, secara tidak langsung Anda juga ikut serta dalam memelihara dan melestarikan budaya Indonesia. Tidak sampai disitu saja Anda juga bisa mengaplikasikannya dalam seragam kerja maupun busana resmi Anda.

Bahkan ditangan desainer-desainer Indonesia saat ini, kain ulos yang sebelumnya dipakai untuk upacara-upacara adat, bisa menjelma menjadi busana yang elegant dan unik. Dan tidak menutup kemungkinan Gaun Ulos Batak ini akan menjadi lahan bisnis yang sangat menggiurkan. Yang jelas sudah banyak pemain-pemain kecil dan besar berambah bisnis Gaun berbahan Ulos Batak.

Bukan hanya diminiati kaum perempuan, kain-kain modifikasi berbahan ulospun juga digemari oleh kaum pria dan anak-anak. Ok bagi Anda yang berencana memiliki model-model Gaun/ Kain berbahan Ulos sudah boleh memulai melirik design-design yang diinginkan ya?!

3 COMMENTS

  1. Bahkan ditangan desainer-desainer Indonesia saat ini, kain ulos yang sebelumnya dipakai untuk upacara-upacara adat, bisa menjelma menjadi busana yang elegant dan unik. Dan tidak menutup kemungkinan Gaun Ulos Batak ini akan menjadi lahan bisnis yang sangat menggiurkan. Yang jelas sudah banyak pemain-pemain kecil dan besar berambah bisnis Gaun berbahan Ulos Batak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.