Ternyata Ada Pulau diatas Pulau Samosir

2

Seperti danau diatas danau Toba, ada danau Sidihoni. Nah ini ada pulau diatas pulau Samosir, kira-kira apa dan dimana yah? Informasi dari salah seorang pembaca Gobatak.com merekomendasi untuk meliput kampung halamannya di Huta Parnakohan Lumban Suhi Samosir. Lebih kurang 2 jam menuju huta tersebut dari simpang Pohan Lumban Suhi menggunakan sepeda motor. Masyarakat sekitar danau yang memiliki pulau kecil tersebut adalah Pearung.
Pearung memiliki keistimewaan dari peapea (danau kecil) lainnya yang diyakini memiliki keunikan tertentu.

Keunikan Pearung.
Kalo dilihat danau kecil ini berukuran lebih kurang 10 meter kali 30 meter persegi, memiliki pulau kecil diatas danau tersebut. Gambar ini, kami coba telusuri dari Google Earth tampak pulau kecil diatasnya. Pulau kecil tersbut ditumbuhi rerumputan dan satu pohon pinus kecil. Yang menarik dari danau ini adalah pulau yang ada diatasnya dapat berpindah tempat dari sisi satu ke sisi yang lain. Entah apa penyebab pulau kecil tersebut dapat berpindah tempat. Namun menurut masyarakat sekitar pulau kecil tersebut akan berpindah tempat disaat hujan turun.

Kepercayaan masyarakat setempat juga mengatakan jika pulau tersebut berpindah-pindah diyakini akan ada tanda-tanda kejadian alam yang akan terjadi. Ada pertanda musim hujan akan datang, hama tanaman, serta fenomena-fenomena alam lainnya. Banyak juga cerita aneh dan mistis seputar Pearung ini. Bersambung….

2 COMMENTS

Comments are closed.