Tempat Wisata Bukit Gibeon

0

Berlibur memang kegiatan yangs sangat menyenangkan. Apa lagi jika kita berlibur bisa sambil berwisata rohani. Hal ini tentu sangat menyenangkan. Kegiatan yang satu ini bisa kalian dapatkan jika kalian mengunjungin salah satu objek wisata rohani umat Nasrani yang ada di Sumatera Utara. Namanya adalah Wisata Bukit Gibeon Sibisa. Perpaduan antara keindahan alam dan juga hasil karya tangan manusia sangat kental dan bisa kalian temuin disini.

Objek wisata yang satu ini berada di Sionggang Utara, Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Buka setiap hari dan selalu ramai pengunjung baik dari wisatawan local, maupun wisatawan manca negara. Terutama pada hari libur dan menjelang akhir pekan, bisa dipastikan wisata Bukit Gibeon bakalan rame dikunjungin.

Awalnya Bukit Gibeon adalah sebuah sekolah Kristiani milik Yapim Taruna. Namun, karena keindahan alamnya yang sangat alami, dibuatlah wisata Bukit Gibeon ini. Wisata Bukit Gibeon ini mulai dibuka untuk umum pada bulan Juli tahun 2016.

Berwisata ke Bukit Gibeon memang sangat menyenangkan. Hal ini dikarenakan suasana dan kebersihan tempatnya yang amsih sangat terjaga. Area pemandiannya benar benar sangat indah dan masih asri. Area parkir yang memadai tak akan membuat kalian kesusahan untuk memarkirkan kendaraan yang kalian bawak. Selain itu, area menuju kolam renangnya juga sangat keren. Kalian akan menurunin anak tangga yang terbuat dari keramik dengan berbagai corak yang melekat. Selain itu, tempatnya yang asri karena di area mau ke kolam renangnya banyak ditanamin tanaman tanaman hijau pada pot potnya. Banyak juga dibangun semacam pondok pondok untuk beristirahat dan makan. Pondok pondoknya juga sangat bersih dan nyaman serta lantainya dilapisi oleh keramik.

Memasukin area kolam renang, kalian akan menemui beberapa kolam renang dengan berbagai kedalaman dan sesuai umur masing masing. Mulai dari kolam khusus anak anak, kolam untuk umum, dan kolam yang paling besar yang bisa digunakan untuk perlombaan renang. Selain itu, ada juga wahana permainan untuk anak seperti ayunan, jungkat jungkit, perosotan, kuda kudaan dan sebagainya. Namun, yang paling disukai pengunjung dan menjadi favorit adalah karena adanya satu air terjun dengan ukuran yang mini namun aliran air yang cukup deras. Pengunjung paling suka diguyur langsung oleh air terjun ini. Air terjunnya juga masih sangat alami dan langsung dari mata air. Karena air kolam renang disini langsung dari mata air, airnya tidak berbau dan tidak ada zat kaporitnya. Airnya yang sangat dingin dan segar menambah keseruan berenang di Bukit Gibeon.

Selain suasananya yang masih segar dan bersih, fasilitas pendukung di Bukit Gibeon juga cukup baik. Terdapat toilet yang jumlahnya cukup dan bersih. Ada juga kantin disekitaran kolam renang yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga yang masih terjangkau. Suasana yang masih segar dan bersih tersebut semakin lengkap dengan view di Bukit Gibeon yang sangat bagus. Tempatnya yang berada di perbukitan membuat kita bisa memandang bebas melihat hamparan pohonan hijau yang masih lebat.

Walaupun wisata di Bukit Gibeon bernuansa rohani, nyatanya tak sembarang orang yang boleh beribadah di tempat ini. Disini terdapat gereja dengan gaya bangunan seperti di Eropa. Selain itu, dengan suasana sekitaran area gereja yang mirip luar negeri, banyak pengunjung yang datang kesini berfoto foto dengan latar belakang gereja tersebut. Katanya, gereja tersebut diperuntukkan untuk siswa siswa yang bersekolah di Yapim Taruna. Walau tak dibuka untuk umum, tak menyurutkan jumlah pengunjung yang datang untuk melihat gereja ini dari dekat.

Berwisata ke Bukti Gibein, kalian tak akan mengeluarkan uang yang mahal mahal amat. Hal ini dikarenakan para pengunjung boleh membawa makanan dan minuman sendiri. Tentu saja harus menjaga kebersihan dan kenyaman disana. Tak perlu kawatir, dibeberapa sudut areanya terdapat tempat sampah yang dapat kalian gunakan. Selain itu, harga tiketnya cukup murah, dari 10.000 sampai ke 15.000 rupiah saja. Selain itu, kalian akan membayar uang parkir sebesar 2.000 rupiah. Menuju lokasi Bukit Gibeon, kalian akan disuguhi pemandangan yang keren. Jalan kesana yang sudah diaspal dan lebar layaknya sirkuit balapan, membuat pengalaman kesana semakin menarik. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau. Berjarak sekitar 5 kilo meter dari kota Parapat tak akan menyulitkan kalian, ditambah lagi banyak petunjuk jalan yang mengarahkan kalian ke lokasi. Selain itu, lokasi Bukit Gibeon juga dekat dengan Bandara Sibisa. Pokoknya, berenang di Bukit Gibeon, segar kali bah !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.