Siantar 12 Jam Tanpa Listrik

0

Pematang Siantar – Lebih dari 12 jam kota Pematang Siantar alami pemadaman listrik. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika pemadaman listrik hampir seharin dan itu terjadi di daerah perkotaan. Tanpa pemberitahuan pagi tadi, Rabu – 14 September 2011, pukul 09.00 wib sampai pukul 21.30 wib terjadi pemadaman listrik disejumlah daerah di Siantar.

Sedikitnya puluhan Kelurahan dari dua Kecamatan tanpa aliran listrik. Hampir seluruh lokasi yang dipadati rumah, kantor dan beberapa industri rumah tangga terganggu melakukan aktifitas akibat terputusnya listrik. Hampir 90% lokasi, diantaranya di Kecamatan Siantar Selatan dan Siantar Timur dimana sejumlah aktifitas tidak berjalan alias tidak berproduksi.

Dari pantauan Gobatak.com saat menghubungi pihak PLN di nomor layanan masyarakat, saat bertugas melayani pengaduan masyarakat sore tadi, bahwa terjadi pemeliharaan gardu listrik dibeberapa titik di sejumlah daerah di Pematang Siantar. Namun tanpa ada kejelasan berapa lama gangguan tersebut bisa diatasi, “Tunggu saja pak, sebentar lagi juga akan menyala kembali”, tutur pak Tambunan.

Kejadian pemadaman listrik di Pematang Siantar bukan hanya sekali saja, sering sekali terjadi. Biasanya, pemadaman listrik memakan waktu berkisar 3 jam bahkan kurang dan bahkan lebih. Pemadaman yang paling parah terjadi adalah hari ini selama satu hari, lebih dari 12 jam. Keluhan ini sudah sering dialamai masyarakat terlebih bagi mereka yang berusaha di sektor indsutri rumah tangga.

Kebutuhan listrik yang hampir meliputi seluruh aktifitas sehari-hari mengalami gangguan, seperti usaha boridir ulos dibeberapa tempat terpaksa tutup dan tidak berproduksi. Usaha lain seperti percetakan, warnet bahkan kegiatan rumah tangga lumpuh total. Diperkirakan masyarakat alami kerugian puluhan juta bahkan ratusan juta akibat putusnya aliran listrik.

Sementara persoalan tagihan listrik dengan layanan fasiltas dari pihak PLN sendiri tidak sepadan. Anda telat bayar tagihan, aliran listrik diputus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.