Rute Perjalanan Huta Lobuhole (Part2)

0

Visit Huta – Setelah berhenti sejenak di persimpangan Huta Ambatan menuju Huta Lobuhole, jarak yang ditempuh dari simpang Huta Gonting memerlukan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan transportasi Sepeda Motor. Kenapa bersepeda motor? Ya, dikarenakan angkutan menuju dan dari Huta Lobuhole hanya ada 1 kali sehari itupun menggunakan kendaraan khusus yakni bermesin ganda.

Dalam video liputan ini bisa digambarkan memang jalan yang akan ditempuh cukuplah sulit dikarena jalan berbatu yang tidak rata serta jalan tanah dimana dikala musim hujan tak ada satupun kendaraan yang akan beroperasi. Tentu bisa kita bayangkan apa yang terjadi, ya hasil bumi yang akan dibawa kepusat perkampungan terdekat tidak akan bisa dijual sebaliknya juga bahan untuk keperluan sehari-hari pun sulit didapatkan.

Menuju huta Lobuhole kita akan melawati jembatan yakni jembatan Lobuhole yang dialiri sungai yang diberi nama Aek Simalompak. Ketinggian sungai dari jembatan tersebut kira-kira 100-200 meter kebawah dari jembatan tersebut. Sangat terjal tentunya, jadi jika masyarakat sekitar memancing ke sungai tersebut haruslah dari atas jembatan tersebut tidak bisa turun ke sisi sungai karena sangat terjal dan berbahaya. Ketika melalui jalan yang rata-rata rusak dan sulit untuk dilalui, sebagian yang tidak nekad melaluinya akan menempuh berjalan kaki sambil mendorong kendaraan mereka. Kapan ya infrastruktur terutama jalan menuju dan dari huta Lobuhole bisa dilalui dengan nyaman?!

Video: