Membuat Dodol – Record Memasak Paling Lama Sedunia

1

Dodol rasa apa kesukaanmu, rasa durian, sirsak, garut? Ada diantara kita yang sudah pernah manaok/mengaduk-memasak dodol? Berapa lama memasak dodol, 4 jam, 6 jam? Kalau di huta Bonapasogit (kampung halaman) tanah Batak memasak dodol adalah sebuah tradisi. Dodol adalah jenis makanan yang manis terdiri dari santan kelapa, tepung beras, gula pasir, gula merah dan garam.

Untuk membuat dodol membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi serta butuh lebih dari 2 orang untuk mengaduk (manaok) agar tidak gosong. Biasanya dodol dihidangkan kepada para tamu di hari-hari tertentu seperti hari-hari perayaan besar.

Menjelang tahun baru, Desember 2010 lalu di huta Parbubu Tarutung ada satu keluarga yang membuat dodol. Moment memasak dodol adalah kesempatan dilakukan para pemuda-pemuda yang pulang dari rantau ke kampung halaman berbagi pengalaman dan cerita. Sambil bercerita sambil manaok (mengaduk) dodol yang dimasak. Dengan api dari kayu bakar yang tidak besar, adonan harus selalu diaduk.

Team Gobatak berkesempatan mengikuti kegiatan tradisi ini hingga selesai. Percaya atau tidak, mereka memasak sampai menjadi dodol menghabiskan waktu lebih kurang 10 jam, wow. Mereka memulai memasak sekitar pukul 10.30 wib pagi hingga pukul 20.40 wib di malam tahun baru. Pemuda yang asyik manaok sambil bercerita dan bercanda dan tertawa sambil bergantian manaok adonan dodol. Akhirnya dodol rasa durian pun disantap ria, semua berkumpul menyantap korak-koraknya!

Video:

1 COMMENT

Comments are closed.