Kondisi Orang Batak Pasca Kerusuhan Di London Inggris

0
kerusuhan london

Setelah kerusuhan yang terjadi di London yang menggempar dunia, kami berusaha menghubungi Gobatak friend list yang berdomisili di Manchester-Inggris menanyakan bagaimana kondisi sampai saat ini orang Indonesia yang merantau khususnya orang Batak di Ingris sekitarnya. Informasi yang kami dapatkan adalah infromasi yang dikirimkan via email tentang kondisi terkini krisis pasca kerusuhan disana bersama Jimmy Pakpahan:

Kondisi Orang Batak Yang Tinggal di Inggris Masih Aman

Memang beberapa hari lalu saya coba berkoordinasi via telephon dengan ketua bonapasogit UK Ronal Saragih yang tinggal di London mebagaimana situasi di London sekarang. Sangat mencekam memang, kebetulan lagi libur sekolah sekarang di Inggris dan mau bawa anak-anak nya jalan-jalan ke kota untuk shoping, jadi batal karena khawatir dengan kerusuhan tersebut.

kerusuhan london

Ada beberapa teman-teman yang tinggal di pusat kota London seperti Ito Lenny Aritonang , Lusi Manurung, Usur Saragi dan teman dari kota lain nya Bristol, Dina Harianja , menurut Lae Ronal Saragih mereka baik-baik saja walau masih merasa khawatir untuk keluar dari rumah. Juga adik saya Jeffris Pakpahan yang tinggal di kota Brighton sekitar satu jam dari London menanyakan apakah kerusuhan menjalar ke kota mereka disana aman-aman saja, tutur Jeffris Pakpahan.

Menurut berita terakhir yang saya baca baik dari beberapa media Inggris seperti, Guardian, The Times dll juga media televisi BBC dan ITV sebahagian kerusuhan yg bermula dari unjuk rasa tertembak nya seorang pengedar narkotika di daerah Tottenham, London kemudian menjadi rusuh dengan ada nya beberapa penjarahan dan pembakaran toko-toko juga rumah penduduk. Kemudian merembes ke kota-kota lain nya seperti Birmingham, Liverpool dan Manchester. Juga ada sebahagian orang Inggris yang beraliran facist menggunakan kesempatan event ini dengan menyalahkan orang asing yang datang ke negara ini.

Kebanyakan mereka menyalahkan orang-orang dari Polandia, Pakistan yang mengambil alih banyak pekerjaan mereka, tapi itu tidak benar soalnya banyak penduduk asli Inggris yang berpendidikan rendah mengatakan ‘mereka lebih baik tidak bekerja hidup dari ‘benefit’ dibiayai negara tapi hasil jerih payah penduduk yang bekerja keras melalui Tax (pajak), dari pada mereka bekerja dengan berpenghasilan rendah.

Tapi umum nya orang-orang Batak di Inggris mereka semua pekerja ulet sebab mereka sebagai perantau tidak pernah merasa risih dan gengsi walau bekerja di bidang apa saja. Pada umum nya masyarakat Inggris, jangankan orang Batak, negara Indonesia saja kita bilang kebanyakan mereka tidak tahu terletak dimana-mana.

Jadi selama ini berdasarkan pengalaman saya yang sudah berdomisili di Inggris sejak 1994 (5 tahun di Manchester) belum pernah ada gangguan anti kulit berwarna baik dengan saya mau pun teman-teman Batak/Indonesian yang lainnya. Mudah-mudahan sampai seterus nya aman-aman saja yang penting kita pandai menyesuaikan diri baik dimana pun kita berada. Horas dan mauliate buat semua halak Batak dimana saja pun berada.

Penulis adalah Jimmy Pakpahan, tinggal di Manchester – Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.