|

Kemenyan (Haminjon), Tanaman Purba di Tanah Leluhur Batak

Sebuah benda berbentuk kristal keruh berwarna coklat maupun putih yang biasa di bakar mengiringi ritual keagamaan dan tradisi adat istiadat. Benda tersebut dinamai dengan getah kemenyan. Getah ini dihasilkan dari pemotongan kulit pohon serta memiliki bau wangi semerbak.

Tanaman ini dikategorikan sebagai tanaman endemik, yang hanya dapat tumbuh di beberapa kawasan saja. Sehingga tidak jarang jika banyak masyarakat menilai bahwa tanaman ini adalah jenis tanaman sakral yang memiliki nilai mitologi yang sangat tinggi. Banyak anggapan bahwa kemenyan adalah sebuah benda yang memiliki keterkaitan dengan mistik.

Salah satu kawasan yang dapat ditumbuhi kemenyan adalah kawasan Humbang Hasundutan (Humbahas). Sejarah membuktikan bahwa daerah Humbahas adalah penghasil kemenyan sejak berabad-abad lalu. Dulunya, kemenyan adalah salah satu komoditas unggulan. Dengan areal tanaman seluas 5000 hektar lebih dengan produksi 1.278 ton per tahun. Namun saat ini kemenyan sudah mengalami kemerosotan produksi yang sangat drastis. Hal ini diperkirakan oleh berbagai pihak karena kerusakan hutan. Sebab kemenyan dan populasinya tidak dapat dipisahkan dari hutan.

Disisi lain, nilai ekonomi kemenyan sangat tinggi. Catatan dari berbagai sumber menyebutkan bahwa kemenyan diperdagangkan sejak ribuan tahun lalu. Bahkan arkelogis menunjukkan adanya kemenyan yang ditemukan di dalam makam Tutankhamun raja Mesir kuno yang meninggal pada 1323 SM. (Baringin Lumban Gaol).

Nah, menyusul pada sebuah berita lalu tentang Sejarah Kemenyan Difilmkan, yang dikerjakan oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Tano Batak, berikut dapat kita saksikan trailer dari film dokumentasi tersebut. Secara keseluruhan film dokumenter ini akan menggambarkan sebuah dokumentasi tentang sejarah dan keterkaitannya dalam adat istiadat di Tanah Batak.

TRAILER
http://www.youtube.com/watch?v=NS1sdkeFRto?version=3&theme=dark&fs=0&cc_load_policy=1&iv_load_policy=1&modestbranding=0"> http://www.youtube.com/watch?v=NS1sdkeFRto?version=3&theme=dark&fs=0&cc_load_policy=1&iv_load_policy=1&modestbranding=0" type="application/x-shockwave-flash" allowScriptAccess="always" width="425" height="344">

Info Gobatak Lainnya:

Bah, Pinahanlobu Masuk ke BANK
Gobatak visitors Analytics Mobile Devices reports
Marsada Band - Ada apa Balanga di Panggung?!
Mamak Mamak Pakai Terong Rayakan HUT RI
Cerita Legenda Simardan Konon Berasal Dari Tapanuli
Angkat Sejarah Bunker Tua Era Penjajahan Belanda di Sidamanik

Terima Kasih atas komentar anda tentang info diatas, kami akan tanggapi segera. Horas

comments

Powered by Facebook Comments

Yetty Novel

Banner Promo


Archives

Recently Commented

  • grace: kalo ibu si wanita munthe (parna) dan ibu si pria siallagan (parna), bolehkah?
  • krisman: mau nanya dong, bapak ku marga saragih, mamaku marga sihotang, sedangkan bapa perempuannya mrga manulang,...
  • mangekem mamang: saya ingin bertanya, kalo marga panjaitan( laki2 ) menikahi boru marpaung , boleh kah? mauliate.
  • Lesteria Karien Malau: Ohhh my good
  • adi guspri: Bskh 2 bersaudara laki2 batak toba menikah dalam 1 thn???
website toko murah

Recent Activity